Senin 09 Mei 2022, 07:18 WIB

Kekayaan Nurul Ghufron Kembali Naik dalam LHKPN Terbarunya

Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum
Kekayaan Nurul Ghufron Kembali Naik dalam LHKPN Terbarunya

ANTARA/Aprillio Akbar
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (kanan)

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mempublikasikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) periode 2021 milik Komisioner Nurul Ghufron. Kekayaan dia kembali meningkat dalam laporan terbarunya.

Total kekayaan terbaru Ghufron mencapai Rp15,44 miliar. Kekayaan dia naik Rp1,95 miliar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya Rp13,48 miliar.

Ghufron tercatat memiliki 14 tanah dan bangunan senilai Rp13,96 miliar. Sebanyak 11 tanah dan bangunannya ada di Jember. Sisanya ada di Jakarta Timur, Bogor, dan Jakarta Selatan.

Baca juga: Firli Tegaskan KPK Bekerja Berdasar Kecukupan Bukti Bukan Opini

Dia juga tercatat memiliki dua kendaraan senilai Rp297 juta. Kendaraannya yakni motor Honda Beat keluaran 2012, dan mobil Toyota Innova Reborn keluaran 2016.

Ghufron juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp162,76 juta. Dia juga memiliki surat berharga senilai Rp500 juta.

Dia juga tercatat memiliki kas dan setara kas senilai Rp1,43 miliar. Tercatat, dia juga memiliki harta lainnya senilai Rp174,60 juta dan utang Rp1,08 miliar.

Sebelumnya, Nurul Ghufron pernah mendapatkan kritik karena kekayaannya meningkat. Kekayaan Ghufron meningkatkan semenjak menjabat sebagai komisioner KPK.

Ghufron menjelaskan dirinya membeli beberapa tanah dan bangunan dalam beberapa tahun terakhir ini. Pembelian itu membuat kekayaannya meningkat.

"Perlu saya jelaskan aset saya kebanyakan properti tanah dan bangunan yang saya beli dari lelang negara," kata Ghufron, 3 Desember 2021 lalu.

Ghufron mengatakan dirinya membeli tanah dan bangunan yang biasanya sudah dilelang sebanyak tiga kali. Biasanya, tanah dan bangunan yang sudah dilelang tiga kali itu lebih murah. (OL-1)

Baca Juga

MI/Susanto

DPR Bakal Panggil Mendagri Soal Pelantikan 5 Penjabat Gubernur

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Selasa 17 Mei 2022, 16:45 WIB
Doli belum mengungkap hal apa saja yang akan didalami dalam pemanggilan tersebut. Jadwal pemanggilan juga belum...
MI/belvania sianturi

Stabilkan Harga Bahan Pokok Sebelum Naikkan BBM, Listrik dan LPG

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 17 Mei 2022, 16:43 WIB
Segala kebijakan yang menyangkut hajat hidup orang banyak harus memperhatikan suasana kebatinan yang ada di masyarakat dan kondisi riil...
Dok MI

Gerindra dan PDIP Emoh Terburu-Buru Deklarasikan Koalisi

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Selasa 17 Mei 2022, 15:53 WIB
"PDIP itu enggak perlu koalisi juga sudah bisa mengusung, itu saja dipahami," ujar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya