Kamis 14 April 2022, 22:03 WIB

Charta Politika : Ganjar Unggul Telak di Jateng dan NTT

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Charta Politika : Ganjar Unggul Telak di Jateng dan NTT

MI/Susanto
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya (kedua kanan) memberikan pandangannya saat hadir dalam acara Hot Room di Grand Studio Metr

 

LEMBAGA survei Charta Politika merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo unggul telak di Jateng dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, Ganjar memperoleh angka elektabilitas tertinggi di Jateng dengan 70 persen. Disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Untuk elektabilitas calon Presiden, nama Ganjar Pranowo unggul jauh dari nama-nama lainnya, perolehan angka yang cukup tinggi dengan 70 persen. Sementara nama lainnya seperti Prabowo Subianto 9 persen, Anies R Baswedan 7 persen, masih berada di bawah 10 persen," kata Yunarto, dikutip Kamis (14/4).

Di NTT, kata Yunarto, Ganjar mendapat total dukungan hampir 28 persen. Sementara elektabilitas Prabowo dan Anies berada di belakang.

"Untuk simulasi Calon Presiden di Nusa Tenggara Timur, Ganjar mendapat dukungan lebih tinggi dengan 27,6 persen dibandingkan dengan nama lainnya seperti Prabowo Subianto 21,5 persen dan Anies R Baswedan 9,6 persen," imbuhnya.

Sementara itu, kata Yunarto, elektabilitas Prabowo unggul di Kalimantan Timur. Disusul Ganjar di posisi kedua dan Anies di urutan ketiga.

"Prabowo Subianto menjadi yang paling tinggi dipilih masyarakat dengan 29,3 persen, sementara di urutan kedua ada nama Ganjar Pranowo dengan 19,9 persen unggul tipis dari Anies Baswedan yang dipilih oleh sebanyak 18,4 persen," imbuhnya.

Sebagai informasi, survei capres di NTT dan Kaltim dilaksanakan pada 4 sampai 12 Maret 2022 dengan total 1600 responden melalui wawancara tatap muka. Margin of eror survei ini antara 2,97 persen hingga 3,4 persen.

Sementara di Jateng, survei dilakukan pada 14 sampai 19 Februari 2022 dengan 1090 responden melalui wawancara tatap muka. Margin of eror survei ini berkisar 2,97 persen.

Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling. Para responden diberi pertanyaan 'Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden'. (OL-13)

Baca Juga: Anies-Khofifah untuk Pilpres 2024 akan Diusulkan di Rapimnas PPP

Baca Juga

MI/HO

BNPT Beri Pembekalan Antiradikalisme kepada Praja IPDN

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 17:37 WIB
Boy meminta praja IPDN untuk berhati-hati kepada dakwah atau kajian yang berkedok agama yang disisipi...
Dok.Antara

PPATK Endus Penyalahgunaan Dana Umat di ACT

👤Siti Yona Hukmana 🕔Senin 04 Juli 2022, 17:32 WIB
Di aplikasi Twitter. Tampak ACT menjadi trending topik. Ada 11,5 ribu netizen yang melakukan cuitan terkait Aksi Cepat...
Antara

Sisa Anggaran Pemilu 2022 belum Cair, KPU Kirim Surat ke Kemenkeu

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 04 Juli 2022, 17:31 WIB
Dari anggaran sebesar Rp8,06 triliun, pemerintah baru mengucurkan Rp2,4 triliun, atau kurang Rp5,6 triliun. Tambahan anggaran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya