Senin 14 Februari 2022, 14:48 WIB

Komisi III DPR Gelar Rapat Tertutup Bahas Polemik Desa Wadas

Kautsar Widya Prabowo | Politik dan Hukum
Komisi III DPR Gelar Rapat Tertutup Bahas Polemik Desa Wadas

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/
Aksi Solidaritas untuk Wrga Wadas

 

KOMISI III DPR tengah membahas hasil kunjungan kerja (kunker) ke Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah. Kunker tersebut terkait polemik penambangan batu andesit di Desa Wadas.

"Hari ini komisi III akan melakukan rapat internal terkait kunjungan ke Wadas," ujar Anggota Komisi III, Taufik Basari saat dihubungi, Senin, 14 Februari 2022.

Taufik tidak menjelaskan secara pasti waktu rapat yang digelar secara tertutup itu. Rapat akan digelar setelah Komisi III selesai rapat bersama Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Beberapa waktu lalu, Komisi III melakukan kunker ke Desa Wadas. Ada sejumlah masukan yang disampaikan terkait polemik penambangan batu andesit di Desa Wadas.

Baca juga: BPJPH Segera Terbitkan Sertifikat Halal Vaksin Merah Putih

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menyampaikan masukan pertama, meminta pemerintah menjelaskan kepada seluruh pihak terkait proses pembangunan Bendungan Bener. Terutama, pihak kontra penambangan batu andesit di Desa Wadas.

Wakil Ketua MPR itu menyampaikan persoalan utama pihak yang menolak karena khawatir berdampak buruk terhadap lingkungan. Apalagi, mayoritas mata pencarian warga yaitu bertani, sehingga sangat bergantung kepada alam.

"Mereka warga yang menolak ini menggantungkan hidup karena mereka berkebun, berladang di kawasan itu," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 11 Februari 2022.

Masukan kedua, soal proses penambangan batu andesit. Pemerintah disarankan hanya membeli material pembangunan bendungan tanpa mengambil lahan masyarakat.(OL-4)

Baca Juga

MI/ HO

Kemendagri Gelar Rakor Percepat Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK dan APIP

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 20:42 WIB
Kemendagri dan BNPP meraih opini WTP atas Laporan Keuangan oleh BPK RI sebanyak delapan kali berturut-turut sejak...
Dok MI

Pancasila Selalu Relevan Diterapkan

👤Sri Utami 🕔Jumat 30 September 2022, 20:09 WIB
Saat ini Pancasila mulai dipengaruhi oleh tiga ideologi besar dunia yang berusaha untuk menarik dan mengembangkan dasar...
DOK MI

Partai Politik Sebaiknya Prioritaskan Kadernya Pada Pilpres

👤Widhoroso 🕔Jumat 30 September 2022, 19:58 WIB
JELANG Pemilu 2024, partai politik (oparpol) didorong untuk majukan kader internalnya sendiri. Hal ini dalam rangka menguatkan kualitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya