Selasa 27 Juli 2021, 14:15 WIB

Pemprov DKI Akui Testing Turun, Karena Kasus Turun

Hilda Julaika | Politik dan Hukum
Pemprov DKI Akui Testing Turun, Karena Kasus Turun

MI/RAMDANI
Petugas medis memberikan pelayanan mendatangi rumah warga untuk melakukan tes PCR Covid-19

 

KEPALA Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti, mengakui pengetesan atau testing covid-19 di Jakarta memang mengalami penurunan.

Hal ini disebabkan kasus covid-19 di lapangan juga mengalami penurunan. Karena prinsip testing berpijak pada satu kontak testing yang positif covid-19.

“Ya testing dan tracing itu kan tergantung dari kasus. Semakin tinggi kasusnya semakin meningkat juga testing karena kan berpijaknya dari satu kontak testing. Kalau jumlah kasusnya menurun tentu jumlah testingnya juga menurun,” kata Widyastuti di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (27/6).

Dinkes DKI sendiri mengatakan tidak memiliki target testing tertentu. Karena untuk melakukan testing terdapat beberapa indikator. Di antaranya, pengembangan dari kasus positif covid-19 atau orang yang terpapar covid. Kemudian, follow up kasus covid-19, ketiga testing dari syarat perjalanan.

“Jadi testing yang kita lakukan adalah sebagai bagian dari kontak erat,” jelasnya.

Pemprov DKI Jakarta saat ini terus menambah contact tracer. Dengan cara melakukan rekruitmen tracer dari tenaga kesehatan (nakes) professional. Dengan tujuan membantu DKI Jakarta termausk dengan memperkuat tracer digital.

“Tracer digital ini kita latih kemudian secara digital seperti telekonsultasi. Lewat mentracer tapi merunut seseorang itu ketemu siapa saja itu secara digital melalui media,” ungkapnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/Susanto

Usung Kesejahteraan, Golkar Optimistis Menang Pemilu 2024 

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 21:45 WIB
Airlangga mengatakan Partai Golkar akan berperan dalam pembangunan ekonomi dengan mengusung visi kemajuan bangsa dengan meningkatkan...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Pandemi Jadi Ujian bagi Partai Politik dan Penyelenggara Negara 

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 21:24 WIB
Lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif diuji untuk bisa menangani krisis kesehatan dan ekonomi yang bergulir di waktu yang...
MI/M Irfan

Komjak Pastikan Dugaan Jaksa Minta Uang di Lampung Ditindak 

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 19:11 WIB
"Kami tentu akan memastikan masalah ini diselesaikan dengn baik dan benar, serta jika ada yang melakukan kesalahan ditindak sesuai...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya