Sabtu 05 Juni 2021, 17:14 WIB

Cek Ombak Airlangga-Ridwan Kamil

RO/Micom | Politik dan Hukum
Cek Ombak Airlangga-Ridwan Kamil

Dok pribadi
.

 

KETUA Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto  bertemu dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Sabtu pagi  (5/6). Karena keduanya tengah digadang-gadang menjadi calon Presiden 2024, maka pertemuan kedua tokoh ini pun memunculkan berbagai spekulasi.

Ketika dimintai komentarnya, pengamat politik dari CSIS, Arya Fernandes mengatakan. "Semua ini kan test the water, coba lihat, penjajakan. Kira-kira kalau ketemu tokoh politik tertentu reaksi publik bagaimana. Respon elitnya gimana, respon partai-partai bagaimana" ujar Arya. 

Dari pengamat Arya, beberapa minggu ini ia melihat Ridwan Kamil melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh politik, yang mengesankan posisi RK sebagai tokoh penting. 

"Airlangga bertemu RK di Bandung, AHY naik motor bareng RK, Anies muji RK, Khofifah ketemu RK. Jadi saya melihat justru ini impact image positifnya menguat ke RK, " ujar Arya. 

Namun menurut Arya, dalam bursa pencalonan mungkin posisinya cawapres. 

"Saya menduga, posisi tawar RK menjadi cawapres di pasar politik, itu meningkat, " ujar Arya. 
Menurutnya, dibandingkan calon-calon lain elektabilitas RK cukup bagus 5-10 persen, dan RK juga punya pengalaman politik.

Mengenai peluang Airlangga dan RK untuk berpasangan, Arya berpendapat semua masih berpeluang. 

"Otak-atik calon masih sangat terbuka, belum bisa dikunci, hitung-hitungan politik masih belum pasti. Hitung-hitungan soal kandidat, duet, itu masih sangat belum pasti, masih sangat mungkin bisa berubah, karena belum ada kesepakatan politik formal, " tegas Arya. (J-1) 

 

Baca Juga

MI/Mohamad Irfan.

Lemkapi: Segera Tarik Pelat Nomor Polisi Milik Arteria Dahlan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 23 Januari 2022, 16:06 WIB
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo, Asisten Logistik (Aslog) Kapolri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono hingga Karopenmas Humas Polri...
DOK MI.

Akhiri Spekulasi, Raker DPR dan Pemerintah Bahas Jadwal Pemilu Besok

👤Indriyani Astuti 🕔Minggu 23 Januari 2022, 14:35 WIB
Komisi II DPR akan melakukan rapat kerja (raker) dengan KPU, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bawaslu, dan DKPP untuk membahas jadwal...
dok.DPR-RI

Partai Golkar Solid Usung Airlangga Capres di 2024

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Minggu 23 Januari 2022, 12:20 WIB
KETUA DPP Partai Golkar, Lamhot Sinaga menegaskan, pengurus Golkar baik pusat dan daerah seluruh Indonesia solid mendukung Airlangga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya