Jumat 16 April 2021, 21:18 WIB

Jelang Reshuffle, Anggota DPR Rapsel Ali Menghadap Presiden

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Jelang Reshuffle, Anggota DPR Rapsel Ali Menghadap Presiden

Ist
Anggota Komisi VI DPR RI Komisi VI DPR RI Muhammad Rapsel Ali (kiri).

 

RENCANA perombakan kabinet atau reshufflle yang dilakukan Presiden Joko Widodo ramai diperbincangan. Reshuffle semakin terang setelah tenaga ahli Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin telah mengungkapkan hal tersebut.  

Di sisi lain, reshuffle bukan lagi semata perbincangan politik setelah DPR RI atau parlemen menyepakati Surat Presiden (Surpres) yang diteken Presiden Jokowi untuk menggabungkan dan membentuk kementerian baru di tubuh kabinet  pekan lalu.

Dua kementerian yang bakal digabung adalah Kemenristek dan Kemendikbud. Sementara itu,  kementerian baru yang akan dibentuk adalah Kementerian Investasi.

Di tengah rencana reshuffle, anggota Komisi VI DPR RI Muhammad Rapsel Ali dipanggil menghadap Presiden Jokowi pada Rabu (14/4). Pemanggilan anggota DPR dari Fraksi NasDem dikait-kaitkan dengan   dengan rencana perombakan kabinet atau reshuffle yang akan dilakukan Jokowi.

Dengan latar belakang yang dimilikinya, Rapsel disebut-sebut sangat layak bergabung dalam kabinet Jokowi.

Seperti diketahui, Rapsel merupakan mantan Ketua Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Sulawei Selatan, Ketua Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan, dan Industri Indonesia (Ardin) Sulawesi Selatan, dan pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Pesisir dan Kepulauan (Aspeksindo).

Selain itu, menantu Wakil Presiden, Ma’ruf Amin itu juga banyak terlibat dalam organisasi kemasyarakatan. Saat ini ia sebagai Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna dan sejak 2019 menjabat Ketua Umum Perkumpulan Pemilik Senjata Beladiri Indonesia (Perlisindo).

Rapsel juga menjadi Pembina Komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Wilayah Jakarta Barat dan menjabat Ketua Bidang Humas HDCI Pusat sejak 2009.

Kendati dikaitkan dengan reshuffle kabinet, kepada wartawan, Jumat (16/4), Rapsel menegaskan bahwa tujuannya menghadap Presiden Jokowi sama sekali tidak terkait reshuffle kabinet.

Legislator Senayan dari dapil Sulawesi Selatan 1 tersebut mengatakan, ia menghadap Presiden untuk urusan balapan.

Rapsel dalam beberapa bulan belakangan ini memang menunjukkan perhatian besar pada olahraga otomotif di Indonesia.

Tak hanya bergabung dalam kepengurusan Ikatan Motor Indonesia (IMI) periode 2021-2024 sebagai Dewan Penasihat, Rapsel juga merupakan Presiden Pertamina Mandalika SAG Racing Team Indonesia yang kini berpartisipasi di Kejuaraan Dunia, Moto2.

Kepada Presiden, Rapsel Ali melaporkan perkembangan timnya yang sudah menuntaskan dua seri di Doha, Qatar. Saat ini tim sedang bersiap menghadap balapan berikutnya di Portugal, pada 18 April 2021.

“Kami juga melaporkan mengenai Mandalika Racing Akademi yang menjadi jalur pembalap-pembalap muda Indonesia untuk tampil di level dunia,” jelas Rapsel.

Menurut Rapseli, Presiden Jokowi menyambut antusias hadirnya Pertamina Mandalika SAG Racing sebagai tim pertama asal Indonesia yang mengaspal di kejuaraan dunia Moto2.

“Ini sejalan dengan misi pemerintah menggalakkan pariwisata kelas dunia melalui olahraga. Ini ditandai dengan dibangunnya Mandalika International Street Circuit yang akan menjadi tuan rumah seri MotoGP, pada Maret tahun depan,” jelasnya.

“Selamat untuk Pertamina Mandalika SAG Team yang sudah memulai balapan di Moto2. Tim ini harus bisa mengantar pembalap Indonesia ke kelas MotoGP dalam waktu sesingkat mungkin,” pesan Jokow dikutip Rapsel. (RO/OL-09)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Enam Polda Ditunjuk Jadi Prioritas Cegah Karhutla

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 07 Mei 2021, 05:56 WIB
Sebanyak enam Polda menjadi prioritas Polri dalam mencegah dan melakukan penindakan hukum tindak pidana kebakaran hutan dan...
MI/Ramdani

Imigrasi Benarkan 85 WNA Tiongkok Tiba di Soetta dengan Charter

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 07 Mei 2021, 05:42 WIB
Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia membenarkan kedatangan 85 WNA (warga negara asing) Tiongkok di Bandara Soekarno...
Antara

Densus 88 Tangkap Buronan Terduga Teroris di Sukabumi

👤Antara 🕔Kamis 06 Mei 2021, 22:11 WIB
Terduga teroris YI merupakan warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ditangkap di Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya