Kamis 17 Desember 2020, 18:25 WIB

Amien Rais Sebut Penahanan Rizieq Akan Munculkan Kegaduhan

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Amien Rais Sebut Penahanan Rizieq Akan Munculkan Kegaduhan

MI/Ardi Teristi Hardi
Amien Rais

 

AMIEN Rais bersedia menjadi penjamin penangguhan penahanan untuk Rizieq Shihab yang menjadi tersangka dalam kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Ditahannya Rizieq hanya akan memuncukan kegaduhan.

Amien menyayangkan penangkapam terhadap Rizieq. Mereka mengatakan pentolan FPI seharusnya dirangkul. Dengan ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya saat ini, mereka menilai akan menimbulkan kegaduhan.

"Sangat disayangkan yang terjadi adalah sebaliknya, timbul kegaduhan secara meluas dan berkepanjangan. Tampaknya hal ini disebabkan oleh keterkejutan pemerintah melihat langsung jutaan orang simpatisan pencinta HRS datang dari berbagai wilayah NKRI menyambut kepulangannya ke tanah air," demikian yang tertulis di surat tersebut.

Maka dari itu, ia meminta polisi membebaskan Rizieq yang kini ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. "Kepolisian segera melepaskan HRS dari tahanan, dan sebagai gantinya kami yang tercantum di bawah ini siap menjadi penjamin," kata Amien dalam suratnya.

Baca juga: Tidak Ada Izin, Polda Akan Cegah Aksi Bela Rizieq Besok

Amien menyampaikan langsung keinginan itu melalui surat kepada Kapolri Idham Aziz. Ia tiba di Mabes Polri Namun, Amien tak menemui Idham karena tidak berada di kantornya.

"Ingin ketemu Kapolri tapi beliau ada di luar kantor, kami pokoknya ingin ketemu siapapun wakilnya. Kemudian dibawa ke Divisi Humas, kepala Divisi Humas pun tadi sedang pergi, jadi tadi kami diterima di staf nya," kata Amien.

Selain Amien, sejumlah tokoh juga siap menjadi penjamin Rizieq, di antaranya Abdullah Hehamahua, Marwan Batubara, Ansufri Idrus Sambo, Neno Warisman, Tengku Zulkarnain, Nurdiati Akma, Muhyiddin Junaidi, dan Bukhori Muslim. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

JPU Dakwa Teddy Minahasa Jual Sabu Sitaan Polres Bukittinggi

👤Fachri Audhia H 🕔Jumat 03 Februari 2023, 11:09 WIB
Perbuatan itu dilakukan bersama-sama mantan Kapolres Bukittinggi AKBP Dody...
MI/DOK STAF KHUSUS GUBERNUR PAPUA/DIAN MUSTIKAWATI

Isu Lukas Enembe Tagih Janji ke Firli Bahuri Pengaruhi Citra KPK

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Jumat 03 Februari 2023, 11:06 WIB
Langkah Firli sejatinya kerap disoroti sejak penanganan perkara korupsi yang menjerat Lukas. Bahkan, Firli rela menemui Lukas di Papua pada...
MI/Dede Susianti

68 Posko Pemenangan Anies Diluncurkan di Kota Bogor

👤Dede Susianti 🕔Jumat 03 Februari 2023, 09:57 WIB
Berikutnya, PKS akan mendirikan posko kemenangan di tingkat RT. Ada 3.636 RT di Kota Bogor. Pihaknya menyebutkan kemenangan Anies adalah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya