Senin 26 Oktober 2020, 20:51 WIB

Satgas Nemangkawi Lumpuhkan Anggota KKB

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Satgas Nemangkawi Lumpuhkan Anggota KKB

dok mi
Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Awi Setyono.

 

APARAT gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi melumpuhkan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker dalam baku tembak di Intan Jaya.

Kontak tembak antara TNI-Polri dengan dua anggota KKB pimpinan Sabinus Waker terjadi sekitar pukul 05.00 WIT di kampung Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin (26/10).

Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Awi Setyono menuturkan saat kontak senjata, terdapat 50 orang bersenjata yang diduga KKB melakukan perlawanan terhadap tim gabungan TNI-Polri.

"Sehingga tim mengambil tindak tegas dan terukur," ujar Awi, Senin (26/10).

Adanya baku tembak, Satgas Nemangkawi mengambil tindakan tegas hingga akhirnyam enyebabkan anggota KKB tewas. Anggota tersebut bernama Rubinus. 

"Anggota KKB yang meninggal dunia terlibat dakam penembakan tim TGPF beberapa waktu lalu sesuai melakukan olah TKP," terangnya.

Seperti diketahui, kelompok KKB pimpinan Sabinus Waker memiliki catatan kriminal di wilayah Papua. Mereka pernah melalukan penyerangan terhadap anggota Brimob pada tahun 2015.

Kelompok ini juga dikenal kerap melakukan perampasan terhadap warga di kawasan Kampung Banti, Distrik Tembagpura, Kabputen Mimika, Papua.

Kelompok yang menamakan diri "Kemabu" ini diduga juga telah merekrut remaja Papua bahkan yang masih di bawah umur. Awi menegaskan bahwa satgas gabungan TNI-Polri tidaklah menyasar anak di bawah umur dalam operasi menangkap separatis seperti yang dipropagandakan oleh akun akun medsos KKB.

"Kelompok ini telah meracuni pikiran remaja Papua, merekrut serta mempersenjatai mereka dengan tujuan sebagai tameng hidup agar mudah melarikan diri," ucap Awi. (J-1)

Baca Juga

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Polri: Tidak Ada Pendekatan Militer di Papua

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 November 2020, 22:55 WIB
Kehadiran aparat TNI dan Polri di tengah masyarakat Papua,justru untuk membantu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat itu...
dok.Mabesad

TNI AD dan AD Prancis Siapkan Latihan Gabungan di 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 November 2020, 21:55 WIB
KEPALA Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kedatangan Atase Angkatan Darat Prancis, di Mabesad TNI membahas latihan...
MI/Susanto

Baleg Prioritaskan RUU yang Tertunda di 2020

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 28 November 2020, 21:22 WIB
Badan Legislasi (Baleg) DPR belum menentukan Rancangan Undang-Undang (RUU) mana saja yang akan masuk dalam Program Legislasi Nasional...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya