Sabtu 22 Agustus 2020, 04:15 WIB

Ridwan, Ganjar, Anies Bersaing Ketat

Ant/P-2 | Politik dan Hukum
Ridwan, Ganjar, Anies Bersaing Ketat

Medcom.id
Ilustrasi -- Kampanye

 

TIGA nama kepala daerah mampu bertahan mendapatkan penilaian paling tinggi dari responden dalam kaitan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024. Mereka ialah Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Demikian terungkap dalam survei terbaru Lembaga Survei Indikator Politik. Para tokoh dalam survei dinilai berdasarkan beberapa kriteria kelayakan memimpin negara.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi menyebut salah satu kriteria itu ialah karakter personal calon presiden. ‘Karakter personal terdiri atas sejumlah dimensi utama, yaitu kompetensi, integritas, dan akseptabilitas,’ katanya dalam keterangan tertulis, kemarin.

Dari sisi dimensi akseptabilitas, Ridwan Kamil yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Barat memperoleh skor lebih tinggi (7,2), diikuti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sama-sama meraih nilai 7,1. Di bawah mereka ada nama Sandiaga Salahuddin Uno yang menempati posisi empat dengan skor 6,9.

Pada dimensi kompetensi, Anies Baswedan menduduki posisi teratas dengan skor 7,3, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo mendapat 7,2, Mahfud MD 6,9, Prabowo Subianto 6,8, Salahuddin Uno 6,7, dan Erick Thohir 6,6.

Dalam dimensi integritas, Ridwan Kamil dan Anies Baswedan meraih nilai sama, yakni 7,2. Menko Polhukam Mahfud MD menyusul dengan 7,2, Ganjar Pranowo (7,2), serta Khofifah Indar Parawansa dan Erick Thohir (6,8).

Secara total, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sama-sama berada di posisi teratas dengan nilai 7,2. Lalu, diikuti Ganjar Pranowo (7,1), kemudian Mahfud MD (6,9), dan Sandiaga Salahuddin Uno (6,8).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Jawa Barat Saan Mustopa menilai penanganan covid-19 telah menonjolkan ketiga nama gubernur karena dipandang publik paling punya kemampuan dalam mengelola pandemi.

Saan pun melihat ketiga nama tersebut, dalam perspektif elite politik hari ini, memiliki potensi untuk diusung sebagai kandidat dalam Pilpres 2024.

Ketiganya memiliki gaya kepemimpinan, kekuatan kepemimpinan, serta kekuatan dalam mengonsolidasikan dan mengomunikasikan semua potensi untuk menangani covid-19.

“Mudah-mudahan tiga kepala daerah itu untuk melanggeng di 2024 akan berjalan dengan baik,” kata Saan. (Ant/P-2)

Baca Juga

dok.Ant

Wujudkan Commander Wish, Kakorlantas ke Jajaran: Tingkatkan Pelayanan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 05:20 WIB
KEPALA Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan pelayanan dan pengayoman kepada...
Dok MI

Perintang Penyidikan Siap Disidang

👤RO/Micom 🕔Rabu 19 Januari 2022, 04:21 WIB
Didik diduga mempengaruhi 7...
Dok MI

Bukti Elektronik terkait Korupsi Satelit Kemenhan Dicek ke Lab Forensik

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 19 Januari 2022, 04:10 WIB
BBE yang disita Kejagung merupakan hasil penggeledahan pada Selasa (18/1)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya