Minggu 12 April 2020, 09:10 WIB

Pesisir Rentan Terpapar Covid-19, Bakamla Lakukan Ini

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Pesisir Rentan Terpapar Covid-19, Bakamla Lakukan Ini

DOK BAKAMLA
Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia

 

DESA-DESA yang ada di pesisir sangat rentan terhadap penyebaran penyakit termasuk virus korona (covid-19) karena aksesnya sangat terbuka. Maka, Badan Keamanan Laut (Bakamla/Indonesian Coast Guard) RI mensosialisasikan prilaku hidup sehat serta upaya pencegahan pandemi covid-19 tersebut.

“Bakamla memang memiliki tugas pengamanan wilayah laut, tetapi tidak dapat dipisahkan dengan wilayah daratan yang masih berhubungan dengan laut, maka perhatian kami juga pada desa dan warga pesisir khususnya para nelayan," kata Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Aan Kurnia kepada Media Indonesia, Minggu (12/4).

Ia pun menginstruksikan para kepala kantor di wilayah berserta jajarannya untuk melakukan upaya dalam mendukung wilayah pesisir khususnya desa-desa nelayan terbebas dari pandemi covid-19.

Baca juga: Bakamla Tutup Jalur Tikus dari Malaysia

Menurut Alumnus Akabri Laut 1987 ini, program penanganan pandemi covid-19 di darat menjadi tugas Bakamla selain pengamanan wilayah laut. Para kepala kantor zona maritim, kantor pangkalan maritim, stasiun bumi dan stasiun pemantau turun ke desa sekitar menggelar sosialisasi hidup sehat dan pencegahan virus korona.

Misalnya, lanjut dia, Bakamla melalui kantor zona maritim tengah telah melakukan pembagian masker dan penyemprotan disinfektan. Ini dilakukan untuk mencegah penularan melalui droplet dan mensterilisasi lingkungan desa pesisir.

Sementara di Zona maritim barat, lanjut dia, dilaksanakan penyemprotan tidak saja ke lingkungan tetapi juga ke perahu nelayan yang sedang bersandar. 

"Dapat dibayangkan bahwa warga di perkotaan saja kesulitan mendapatkan masker, apalagi warga di desa pesisir. Kami berupaya dengan daya yang ada untuk mendukung pemerintah dalam penanganan covid-19, melalui bantuan penyemprotan, pembagian disinfektan dan penyuluhan sosial kepada warga masyarakat di sekitar lingkungan kami" pungkas Pati lulusan Akabri Laut Angkatan 34 ini. (A-2)

Baca Juga

MI/HO

Sahabat Ganjar Gelar Sosialisasi Serentak di Lima Provinsi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 14:05 WIB
Kegiatan dilakukan di Banten, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan jawa...
BPMI Setpres

Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia Upaya Ciptakan Perdamaian Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 13:32 WIB
Sebelumnya Presiden Jokowi menyatakan siap jadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir...
MI/Emir Chairullah

Wapres Minta Polri Jangan Represif dalam Penegakan Hukum Kasus Pelecehan Agama

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 01 Juli 2022, 12:54 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kepolisian terus melakukan penegakan hukum dalam berbagai kasus pelecehan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya