Jumat 03 April 2020, 20:43 WIB

RUU KUHP dan Pemasyarakatan akan Dibahas di Komisi III DPR

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
RUU KUHP dan Pemasyarakatan akan Dibahas di Komisi III DPR

ANTARA/Reno Esnir
Wakil Ketua DPR RI Bidang Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Korpolkam) M. Azis Syamsuddin.

 

WAKIL Ketua DPR RI Bidang Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Korpolkam) M. Azis Syamsuddin memimpin Rapat Paripurna yang dihadiri anggota dewan secara fisik 31 dan 278 yang secara virtual. Salah satu agenda rapat adalah kesepakatan untuk melanjutkan pembahasan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) dan Rancangan Undang-undang (RUU) Pemasyarakatan di Komisi III DPR RI.
 
"Selanjutnya, persetujuan terhadap tindak lanjut pembahasan RUU Pemasyarakatan dan RKUHP, kami telah menerima dan berkoordinasi dengan pimpinan Komisi III DPR dan kami menunggu tindak lanjut dari pimpinan Komisi III DPR yang meminta waktu satu pekan dalam rangka pengesahan untuk dibawa ke tingkat II (Rapat Paripurna)," papar Azis di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (2/4/2020).
 
Azis didampingi Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel membacakan keputusan itu dalam Rapat Paripurna Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019-2020.

Kedua RUU tersebut disepakati untuk dilanjutkan pembahasannya (carry over) pada periode DPR RI yang sekarang dan diputuskan masuk Program Legislasi Nasional 2020.
 
Sebelumnya, Badan Legislasi (Baleg) meminta masukan dari masyarakat terkait 12 pasal dalam RKUHP yang sebelumnya mendapatkan sorotan dari publik. Adapun, Komisi III DPR RI telah memutuskan tidak akan membahas dari awal RUU Pemasyarakatan dan RKUHP, namun dibahas beberapa pasal substansi saja dalam kedua RUU tersebut. (OL-09)

Baca Juga

MI/Heri Susetyo

Pengamat Desak Kapolri Copot Kapolda Jatim Buntut Tragedi Kanjuruhan

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 13:59 WIB
Bambang Rukminto mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dan Kapolda Jawa Timur...
dok.pribadi

Tiga Alasan Dewan Keamanan Nasional Tak Diperlukan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 12:50 WIB
RENCANA pembentukan Dewan Keamanan Nasional (DKN) yang kembali mencuat dinilai membuang-buang energi, sebab keberadaan DKN tidak...
Dok. DPR RI

Cek Persiapan Akhir Penyelenggaraan P20, Puan Jajal Mobil Listrik yang akan Digunakan Delegasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 09:36 WIB
“Ini momen istimewa karena Indonesia belum pernah menjadi tuan rumah P20 sehingga kita harus memastikan semua delegasi dan tamu yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya