Rabu 22 Mei 2019, 09:10 WIB

Pemimpin Dunia Nantikan Kepemimpinan Periode II

Tesa Oktiana Surbakti | Politik dan Hukum
Pemimpin Dunia Nantikan Kepemimpinan Periode II

Dok. KPU
Presiden san wakil presiden RI terpilih Jokowi dan KH Ma

 

SEJUMLAH pemimpin dunia menyampaikan ucapan selamat kepada Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi melalui media sosial. KPU telah menetapkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wapres terpilih sesuai hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019.

Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison, mengucapkan selamat untuk kedua kalinya. Pernyataannya tertuang dalam akun Twitter pribadinya.

"Selamat @jokowi karena terpilih kembali sebagai Presiden Indonesia. Kami tidak sabar untuk lebih mempererat hubungan antara Australia dan Indonesia yang mencakup kepentingan bersama," kicau Morrison lewat akun @ScottMorrisonMP pada Selasa (21/5), dalam bahasa Inggris.

PM Malaysia Mahathir Mohamad turut memberikan selamat kepada Jokowi setelah keluarnya pengumuman resmi dari KPU. "Saya ucapkan selamat kepada Bapak @jokowi atas kemenangan sah sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerja sama di antara kedua negara akan semakin erat," ujar Mahathir dalam bahasa Malaysia melalui akun Twitter @chedetofficial.

Berbeda dengan yang lainnya, PM India Narendra Modi menyampaikan ucapan selamat dalam bahasa Indonesia. "Selamat yang sebesar-besarnya kepada @jokowi atas terpilihnya Anda kembali! Sebagai dua negara demokrasi besar, kami bangga atas keberhasilan perayaan demokrasi. Kami berharap Anda dan rakyat Indonesia semua sukses di bawah kepemimpinan dinamis Anda," tutur Modi dalam akun Twitter @narendramodi.

Jokowi-Amin meraih kemenangan dengan meraup 85 juta suara atau sebesar 55,41% dari total suara sah. Mereka unggul dengan selisih suara tidak kurang dari 16 juta bila dibandingkan dengan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

 

Pilih jalur hukum

Di dalam negeri, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X juga mengucapkan selamat kepada pasangan nomor urut 01. Ia meminta para pendukung Jokowi-Amin merayakan kemenangan dengan sikap tepa selira. "Jangan seperti memenangi peperangan," imbuhnya.

Adapun kepada pendukung Prabowo-Sandiaga, Sultan berharap mengedepankan sikap kesatria. Kalaupun masih ada keberatan, dapat diselesaikan lewat jalur hukum dengan didukung bukti-bukti yang kuat, bukan memakai jalur demokrasi jalanan.

Sikap yang memilih aksi demonstrasi, menurut Sultan, justru akan menghambat upaya percepatan pendewasaan demokrasi.

Senada, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di Kantor Gubernur DIY meminta para pejabat negara tidak mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang dapat memicu suasana panas. Masyarakat pun diharapkan tidak melakukan tindakan di luar konstitusi.

Dari Sorong, Papua, Amir Kilian, salah seorang tokoh masyarakat setempat, berharap para pendukung paslon 02 legawa menerima kekalahan. Di Jawa Tengah, Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Anjar Nugroho, menolak aksi pengerahan massa ke Jakarta dan mengajak masyarakat untuk merajut persatuan kembali pascapemilu. (AU/LD/RF/PT/P-2)

Baca Juga

MI/BAYU ANGGORO

Golkar Jawa Barat Bebaskan Airlangga Pilih Pasangan dalam Pilpres 2024

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 22:40 WIB
Sejumlah pihak mengusulkan Airlangga berpasangan dengan Anies Baswedan atau Ridwan...
DOK MI.

Sopir dan Ajudan Istri Ferdy Sambo Ditangkap Timsus Polri

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 18:35 WIB
Tim khusus Polri menangkap sopir dan ajudan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, terkait dengan kasus tewasnya Brigadir...
MI/Adam Dwi.

Ferdy Sambo Ditempatkan di Mako Brimob selama 30 Hari

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 16:20 WIB
Irjen Ferdy Sambo ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob Polri, Depok, Jawa Barat, selama 30 hari ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya