Sabtu 20 April 2019, 13:20 WIB

DKPP akan Gelar Sidang Etik Dua Anggota PPLN Malaysia

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
DKPP akan Gelar Sidang Etik Dua Anggota PPLN Malaysia

MI/RAMDANI
Anggota DKPP Alfitra Salamm

 

DUA anggota Panitia Pemungutan Suara Luar Negeri (PPLN) Pemilu 2019 di Malaysia dijadwalkan melakukan sidang etik melalui Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada minggu depan. Hal itu merupakan buntut dari polemik tercoblosnya surat suara di Selangor, Malaysia.

"Yang jelas sudah masuk laporan ke kami. Nanti ada proses peradilan dan kita tentu akan memperhatikan dan mengumpulkan fakta-fakta apa yang terjadi," ujar Anggota DKPP Alfitra Salamm di Gedung KPU, Menteng, Jakarta, Sabtu (20/4).

Adapun yang dilaporkan dua PPLN itu adalah wakil duta besar Indonesia untuk Malaysia Khrisna KU Hannan dan anggota staf KBRI Malaysia Djadjuk Natsir. Lebih lanjut, Alfitra menuturkan jika pada persidangan ditemukan fakta, dua orang tersebut akan diberhentikan dari PPLN.

"Kalau itu benar-benar melanggar kode etik serius tentunya kami akan memberhentikan tetap dua anggota PPLN itu. Harus diklarifikasi dulu. Meski KPU sudah melakukan pemberhentian sementara, kita akan melakukan pengecekan kembali," ungkap Alfitra.

Baca juga: Bawaslu Rekomendasikan PSU di Kuala Lumpur dan Pecat PPLN

Alfitra menambahkan dalam persidangan nanti, pihaknya akan mengecek satu persatu mulai dari panwas Malaysia dan saksi-saksi. Pemanggilan mereka belum dapat dipastikan apakah datang langsung ke DKPP atau bisa melalui video conference. Namun, DKPP sudah mengundang mereka untuk dapat hadir dalam persidangan nanti.

"PPLN, Panwas, saksi-saksi banyak (miliki) bukti-bukti atau statement yang dilalukan penyelenggara pemilu di Malaysia. Ya jelas itu penting (pengadu video surat suara tercoblos). Si pengadu yang harus membuktikan apakah ada pelanggaran atau tidak," pungkas Alfitra.(OL-5)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu DIgelar 7-9 Februari 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 21:52 WIB
"Terkait uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 akan dilaksanakan tanggal 7-9 Februari," kata...
dok.ist

Erick Thohir Dinilai Sebagai Kader NU yang Siap Bertarung sebagai Capres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 21:31 WIB
DUKUNGAN publik kepada Erick Thohir untuk maju sebagai Calon Presiden 2024 semakin menunjukan tren...
Ist

Relawan Samudera Etho Dukung Erick Thohir Maju Pilpres 2024

👤Widhoroso 🕔Jumat 28 Januari 2022, 20:29 WIB
PARA santri dari berbagai daerah Jawa Timur (Jatim) berkumpul menyatukan sebuah visi bersama untuk mendukung Menteri BUMN Erick Thohir maju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya