Selasa 29 Januari 2019, 18:28 WIB

KPU: Belum Ada Caleg Mundur

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
KPU: Belum Ada Caleg Mundur

MI/ROMMY PUJIANTO

 

CALEG dari Partai Bulan Bintang (PBB) Novel Bamukmin mengaku akan mengundurkan diri sebagai caleg lantaran merasa dikhianati oleh ketua umumnya. Secara Resmi PBB menyatakan dukungannya kepada pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf.

Terhadap polemik tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan pihaknya belum menerima pengunduran diri Novel. Menurutnya, jika ada caleg yang mengundurkan diri maka partainya lah yang berurusan dengan KPU.

"Belum ada (yang mundur), wong sudah dicetak surat suaranya. Yang berhubungan dengan KPU itu partai politik, bukan orang per orang. Jadi kalau ada yang mengatakan (mundur) ya partai politik yang lakukan itu, bukan orang per orang," ungkap Arief di Jakarta, Selasa (29/1).

Menurut Arief, pengunduran diri caleg tidak semata menyangkut masalah perorangan caleg itu sendiri. Alasannya, karena yang mendaftarkan caleg tersebut ke KPU ialah partai politiknya.

"Yang daftar kan partai politik, jika ada perubahan yang menyampaikan adalah partai politik. sampai hari ini enggak ada (caleg mundur)," terangnya.

Baca juga: Dukungan PBB akan Perkuat Teritorial Jokowi-Ma'ruf

Perihal pengunduran diri Novel, menurut Arief bisa dikenakan sanksi kepada partai politiknya. Novel diketahui terdaftar sebagai caleg PBB tingkat DPRD DKI Jakarta Dapil 8.

"Loh iya, yang disebut peserta pemilu itu kan parpol. Maka kalau ada perubahan ada usulan ini itu ya harus parpol yang menyatakan. Sanksinya sebagaimana ikuti saja ketentuannya," kata Arief. (OL-7)

Baca Juga

Metro TV/Endang Junaidi

11 Orang Berhenti Jadi Pecandu ketika Masuk Kerangkeng Manusia

👤Endang Junaidi (Metro TV), NARENDRA WISNU KARISMA (Story Builder) 🕔Jumat 28 Januari 2022, 15:25 WIB
Hasil asesmen menyatakan 2 orang harus ikut rehabilitasi rawat inap, 9 lainnya rawat...
Antara

Ketua DPR Minta Mafia pupuk harus ditindak

👤Sri Utami 🕔Jumat 28 Januari 2022, 15:15 WIB
Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah bekerja sama dengan pihak kepolisian, segera menumpas tuntas para mafia pupuk...
Metro TV/Endang Junaidi

Komnas HAM: Konsolidasi Fakta Soal Kerangkeng Manusia sudah Makin Solid

👤Endang Junaidi (Metro TV) 🕔Jumat 28 Januari 2022, 15:11 WIB
Pihaknya sudah memeriksa berbagai tuduhan seperti misalnya telah terjadi tindak kekerasan, kesewenang-wenangan, dan relasi kerja yang tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya