Selasa 10 Januari 2023, 15:30 WIB

Jojo dan Ginting Melaju ke 16 Besar Malaysia Terbuka 2023

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Jojo dan Ginting Melaju ke 16 Besar Malaysia Terbuka 2023

Lillian SUWANRUMPHA / AFP
Jonatan Christie

 

DUA tunggal putra Indonesia sukses memetik kemenangan perdana pada turnamen bulu tangkis Malaysia Terbuka 2023. Melakoni pertarungan sengit, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie sukses melaju ke putaran kedua.

Bertanding di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Selasa (10/1), Jojo -sapaan akrab Jonatan- yang tampil terlebih dahulu berhasil menang atas Wang Tzu Wei (Taiwan) dengan dua gim langsung 21-19 dan 21-13.

Sedangkan Ginting harus meladeni pertarungan rubber game, setelah sempat kehilangan gim pertama, sebelum menang dengan skor 17-21, 21-18, 21-12 atas Ng Ka Long Angus (Hong Kong).

"Puji Tuhan, akhirnya bisa lolos dari lubang jarum. Di gim pertama dari ketinggalan akhirnya bisa nyusul dan mampu memenangi laga," tutur Jojo dalam keterangan resmi PBSI, Selasa (10/1).

Di gim pertama, Jojo sempat kesulitan mengontrol arah angin, yang membuatnya sempat tertinggal 8-16. Namun, berbekal penampilan yang lebih solid, dia mampu mengejar. Jojo juga mampu mengurangi kesalahan gim pertama dan membuatnya unggul 21-19.

"Saya bersyukur setelah di gim pertama ketinggalan jauh 8-16, pelan-pelan saya mengubah strategi permainan dan akhirnya menang. Tadi saya ketinggalan, saya terus mencari jalan dengan mendahului permainan depan lebih dulu dan lawan malah mengikuti permainan saya," jelas Jojo.

Kemenangan ini membawa Jojo bersua wakil Jepang Kenta Nishimota di putaran kedua. Telah belajar banyak dari kondisi angin di lapangan, Jojo mengaku sudah memiliki gambaran terkait strategi apa yang bakal ditampilkan untuk pertandingan nanti.

"Kita tau Jepang pemain yang ulet, pemain yang gak gampang mati, dan pantang menyerah. Tapi dengan kondisi lapangan seperti ini (berangin) saya akan memanfaatkan untuk pola mainanya dan itu akan berpengaruh pada pertandingan besok," ucapnya.

Senada dengan Jojo, kondisi angin juga disebut ginting menjadi ujian untuknya pada gim pertama ini. Beruntungnya dia dapat bangkit di gim kedua dan merebut kemenangan.

"Di gim kedua, posisi saya lebih enak karena di posisi kalah angin. Pola permainan saya pun bisa mengontrol dan bisa unggul. Saya juga sudah belajar bagaimana mencari timing yang pas untuk memukul shuttlecock," ucap Ginting.

Kemenangan di gim kedua dan tahu bagaimana beradaptasi di lapangan, akhirnya membawa Ginting memenangi pertandingan gim ketiga pada turnamen BWF World Tour Super 1000 tersebut.

"Di gim ketiga, prinsip saya cuma berusaha mengumpulkan angka lebih banyak dulu sebelum interval. Sehingga saat pindah lapangan, saya bisa lebih tenang karena pada posisi kalah angin. Dan ternyata berhasil," jelasnya.

Di babak kedua Kamis (12/1), adapun Ginting bakal bersua wakil Denmark Anders Antonsen. Di mana Antonsen berhasil menyingkirkan wakil Tiongkok, Weng Hong Yang, dengan rubber gim 8-21, 22-20 dan 21-19. (PBSI/OL-4)

Baca Juga

AFP

RI Turunkan Ganda Putra Terbaik di Kejuaraan Beregu Campuran Asia

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 08 Februari 2023, 17:00 WIB
Mereka adalah pasangan nomor satu dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian, serta juara Kejuaraan Asia 2022 Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich...
MI/ Akmal Fauzi

Arsjad Rasjid Fokus Ulangi Sejarah Panahan di Olimpiade

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 08 Februari 2023, 16:19 WIB
Ia bertekad ingin mengulang kesuksesan panahan di kancah internasional seperti Olimpiade Seoul...
Twitter @F1

Perkenalkan C43, Alfa Romeo Optimistis Tampil Lebih Baik di Formula 1 2023

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 12:15 WIB
Dirancang oleh Direktur Teknis Jan Monchaux dan timnya, C43 merupakan evolusi dari C42, dengan pendekatan yang disesuaikan dengan perubahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya