Sabtu 29 Januari 2022, 10:00 WIB

Kontingen Taiwan akan Absen di Pembukaan Olimpiade Beijing 2022

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Kontingen Taiwan akan Absen di Pembukaan Olimpiade Beijing 2022

AFP/Sam Yeh
Warga Taiwan menggelar aksi menentang penyelenggaraan Olimpiade Beijing 2022 di Taipei.

 

KONTINGEN Taiwan untuk Olimpiade Musim Dingin bulan depan di Beijing tidak akan ambil bagian dalam upacara pembukaan atau penutupan Olimpiade Beijing 2022 itu.

Hal itu diungkapkan pemerintah Taiwan karena penerbangan mereka yang tertunda, aturan covid-19 yang keras, dan penundaan keberangkatan.

Taiwan khawatir Beijing akan 'menurunkan' status Taiwan dengan menempatkan atlet-atlet mereka di samping atlet-atlet Hong Kong pada upacara pembukaan nanti, ungkap seorang pejabat senior Taiwan.

Baca juga: Human Rights Watch Ingatkan Atlet tidak Bicara HAM di Olimpiade Beijing 2022

Taiwan, yang subtropis dan tidak memiliki tradisi olahraga musim dingin serta tidak pernah memenangkan medali Olimpiade musim dingin, mengirimkan empat atlet ke Beijing, sama dengan jumlah atlet yang dikirimkan ke Olimpiade Musim Dingin 2018.

Pemerintah Taiwan telah memutuskan para atletnya tidak akan menghadiri upacara pembukaan dan penutupan.

Badan Olahraga Taiwan mengatakan kontingen beranggotakan 15 orang termasuk pelatih itu akan datang dari berbagai belahan dunia, termasuk Amerika Serikat (AS) dan Swiss.

"Menurut kebijakan pencegahan dan masuknya pandemi acara tersebut, penerbangan telah disesuaikan dan ditunda, dan tidak semua dapat tiba di Beijing pada upacara pembukaan pada 4 Februari," katanya dalam sebuah pernyataan.

Atlet perlu mengatasi jet lag mereka dan membiasakan diri dengan venue, tambah administrasi.

"Demi melindungi atlet, dan berdasarkan aturan pencegahan dan pengendalian pandemi standar tinggi yang telah diadopsi guna mencegah risiko infeksi, delegasi kami tidak akan berpartisipasi dalam upacara pembukaan," kata badan olahraga Taiwan itu.

Mengingat mereka tim kecil maka Taiwan tidak akan berlama-lama di Beijing dan akan secepatnya pulang begitu acara selesai yang artinya pada hari upacara penutupan sebagian besar anggota kontingen sudah kembali ke negeri mereka.

Olimpiade Beijing 2022 terjadi bersamaan dengan meningkatnya ketegangan antara Tiongkok dan Taiwan, termasuk aktivitas militer Tiongkok di dekat pulau itu.

Taiwan selalu berpartisipasi dalam sebagian besar acara olahraga termasuk Olimpiade dalam nama China Taipei atas desakan Beijing karena Tiongkok menganggap Taiwan sebagai bagian dari satu China. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/ANDREJ ISAKOVIC

Raih Pole Position, Leclerc Berpeluang Besar Juara Di GP Monaco

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:20 WIB
PEMBALAP Ferrari, Charles Leclerc menjadi yang tercepat dalam kualifikasi balap Formula 1 GP Monaco, Sabtu...
JORGE GUERRERO / AFP

Fabio Di Giannantonio Rebut Pole Position di GP Italia

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 21:05 WIB
Pembalap debutan Moto-GP, Fabio Di Giannantonio, berhasil mencatatkan waktu tercepat pada babak kualifikasi GP Italia, yang berlangsung di...
AFP

Formula E Jakarta Gaet Tujuh Sponsor Dalam Negeri

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:55 WIB
PANITIA penyelenggara Formula E Jakarta menggaet tujuh sponsor dalam negeri untuk mendukung pelaksanaan ajang balap mobil listrik di Ancol,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya