Senin 13 Desember 2021, 04:14 WIB

Hamilton Ucapkan Selamat untuk Kemenangan Verstappen

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Hamilton Ucapkan Selamat untuk Kemenangan Verstappen

AFP/ANDREJ ISAKOVIC
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton

 

LEWIS Hamilton menerima kekalahan dengan lapang dada setelah pembalap rival Max Verstappen memupuskan asa sang pembalap Inggris untuk meraih gelar juara dunia Formula 1 untuk kedelapan kalinya di GP Abu Dhabi, Minggu (12/12).

Hamilton, yang start dari P2 di samping polesitter Verstappen, memegang kendali lomba sepanjang 58 lap setelah merebut posisi pimpinan lomba di tikungan pertama lap pembuka serta terlepas dari penalti karena mengambil area runoff ketika mempertahankan posisinya dari serangan pembalap rival dari tim Red Bull itu.

Akan tetapi safety car di lima lap terakhir, yang memberi kesempatan Verstappen berganti ban baru, mengubah skenario pembalap tim Mercedes itu.

Baca juga: Mercedes Layangkan Protes Atas Kemenangan Verstappen di GP Abu Dhabi

Verstappen diuntungkan dengan periode safety car untuk merestorasi defisit jaraknya dari Hamilton dan di lap terakhir setelah lomba dilanjutkan, sang pembalap Belanda dengan mudah menyalip juara dunia tujuh kali asal Inggris itu demi mengamankan titel pertamanya di F1.

"Pertama, selamat untuk Max dan timnya," kata Hamilton dengan mata berkaca-kaca pascalomba.

"Saya rasa kami melakukan tugas luar biasa tahun ini. Tim saya, semua orang di pabrikan telah bekerja sangat keras sepanjang tahun ini. Ini adalah musim yang paling berat."

"Saya sangat bangga dengan mereka, bangga menjadi bagian perjalanan ini dengan mereka," kata Hamilton.

Di saat Red Bull dan Verstappen melakukan selebrasi, Mercedes melayangkan dua protes terkait prosedur safety car.

Pertama terkait dengan manuver Verstappen yang membawa mobilnya sejajar dengan mobil Hamilton di akhir periode safety car.

Kemudian terkait dengan keputusan race control, yang pada awalnya menyatakan mobil-mobil yang di-overlap, yang berada di antara mobil Hamilton dan Verstappen, tidak diizinkan melepaskan diri dari safety car.

Kemudian mereka memutuskan untuk mengizinkan mobil-mobil tersebut melepaskan diri dari safety car sehingga menempatkan Verstappen tepat di belakang Hamilton, sebelum sang pembalap Red Bull mencuri kesempatan mengklaim titelnya berbekal ban soft yang baru menyalip Hamilton di lap terakhir.

"Kami mengerahkan segalanya, bagian terakhir musim ini kami telah benar-benar mengerahkan segalanya dan kami tidak menyerah," kata Hamilton. "Itu yang paling penting." (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Tiket Indonesia Terbuka 2022 Habis Terjual dalam 16 Jam

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:49 WIB
Panitia penyelenggara masih akan menjual tiket pertandingan secara offline di hari pertandingan, di mana  pihaknya menyiapkan tiket...
AFP/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT

Tsitsipas Lewati Ujian Putaran Kedua Prancis Terbuka

👤Rifaldi Putra 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:27 WIB
Dia terbukti berhasil merebut gelar juara di Monte Carlo Masters pada April lalu, serta mencapai final di Italia Terbuka dua pekan lalu...
AFP./ Sammy Tumelaka

Menpora Berharap Rio Waida Jadi Inspirasi Atlet Selancar Tanah Air Untuk Berprestasi

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:25 WIB
"Kepada atlet-atlet muda peselancar tanah air, Rio Waida ini menjadi pemandu prestasi kalian. Menjadi contoh yang baik untuk atlet...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya