Sabtu 13 November 2021, 19:03 WIB

PON XX Papua dan Peparnas XVI Papua Momentum Kebangkitan Olahraga Nasional 

Dhika Kusuma Winata/Akmal fauzi | Olahraga
PON XX Papua dan Peparnas XVI Papua Momentum Kebangkitan Olahraga Nasional 

Antara/Raisan Al farisi
Penutupan Peparnas XVI Papua

 

GELARAN Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 resmi ditutup. Presiden Joko Widodo menyampaikan kesuksesan PON dan Peparnas di Papua menjadi momentum kebangkitan olahraga nasional. 

"Melalui PON dan Peparnas di Papua ini kita juga menunjukkan kebangkitan besar olahraga nasional kita. Kita juga merayakan keberagaman. Kita juga menghormati kesetaraan dan bersama-sama kita meraih prestasi yang mengharumkan bangsa dan negara," ucap Jokowi dalam seremoni penutupan Peparnas di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Sabtu (13/11) malam. 

Jokowi menyampaikan rasa bangganya Provinsi Papua berhasil menggelar dua ajang olahraga besar PON dan Peparnas. 

Jokowi menilai Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON dan Peparnas sudah menunjukkan hasil yang luar biasa. Delegasi dari semua provinsi juga dinilai luar biasa. Terlebih dengan sportivitas dan prestasi yang ditunjukkan para atlet. 

"Selamat kepada Papua telah sukses sebagai tuan rumah PON dan Peparnas. Selamat kepada para atlet utamanya atlet Papua yang telah menunjukkan prestasinya. Kesimpulannya, bukan hanya torang bisa tetapi torang hebat!," ungkapnya. 

Baca juga : Jokowi Apresiasi Keberhasilan Papua Gelar PON dan Peparnas 

Secara khusus Jokowi juga mengucapkan selamat kepada Provinsi Papua atas semua prestasinya. Di Peparnas XVI ini, Provinsi Papua menjadi juara umum dengan raihan medali terbanyak. 

"Sekali lagi terima kasih atas kerja keras semua pihak yang telah mensukseskan Peparnas ke-16 ini. Saya tegaskan sekali lagi bukan hanya torang bisa tetapi semua ini menunjukkan bahwa torang hebat!," tandas Jokowi. 

Tuan rumah Papua membuat sejarah dengan menjadi juara umum Peparnas XVI Papua dengan mengoleksi 127 emas, 87 perak, dan 93 perunggu. 

Sementara juara bertahan Jawa Barat finis di urutan kedua dalam klasemen akhir perolehan medali dengan 110 emas, 92 perak, 75 perak. Posisi ketiga ditempati Jawa tengah dengan raihan 89 emas, 60 perak, 76 perunggu. (OL-7)

Baca Juga

AFP

Bagnaia Raih Pole Position di Sirkuit Assen

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:50 WIB
FRANCESCO 'Peco' Bagnaia menjadi yang tercepat dalam kualifikasi MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Sabtu...
AFP

Espargaro Mundur, Repsol Hanya Turunkan Bradl di MotoGP Belanda

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:38 WIB
Sebelumnya, Pol Espargaro mengalami kecelakaan pada sesi latihan di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pekan lalu. Dia menderita cedera pada...
Christophe ARCHAMBAULT / AFP

Swiatek Berpeluang Lampaui Rekor Venus Williams

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 14:45 WIB
Swiatek kini dalam tren positif seusai menjuarai Prancis Terbuka 2022 lantaran sukses menyamai rekor 35 kemenangan beruntun milik Venus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya