Rabu 06 Oktober 2021, 16:54 WIB

Kontingen PON Papua Klaster Mimika yang Positif COVID-19 dalam Kondisi Sehat

Mediaindonesia.com | Olahraga
Kontingen PON Papua Klaster Mimika yang Positif COVID-19 dalam Kondisi Sehat

AFP
Ilustrasi

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold R. Ubra mengatakan terkait hasil temuan covid-19 pada atlet, hanya ada satu dari hampir 4.000 atlet yang datang ke Kabupaten Mimika untuk bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang reaktif antigen.

“Sebanyak 3000 hampir mencapai 4000 atlet, hanya satu atlet yang ditemukan reaktif antigen. Kemudian kami lakukan tes PCR dan hasilnya terkonfirmasi positif covid-19,” kata Reynold di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Mimika, Hotel Grand Mozza, Timika, Rabu (6/10).

Reynold menjelaskan atlet tersebut sudah divaksin COVID-19 dua kali dan memiliki gejala ringan, hanya batuk dan pilek. Kemudian, sejumlah kontingen yang akan pulang dan ada indikasi terkonfirmasi positif covid-19 dalam keadaan sehat serta tidak bergejala.

Vaksin efektif
Ini membuktikan bahwa, lanjut Reynold jika semua melakukan vaksinasi covid-19 dua dosis maka bisa saling melindungi. Sebagaimana target pemerintah pada 2022, covid-19 bukan pandemi melainkan menuju endemi.

"Untuk screening covid-19, biasanya kita periksa antibodynya. Imun tubuh mulai terbentuk dan jika kita terpapar maka respons tubuh lebih cepat, lebih kuat, dan tidak menunjukkan gejala apapun, nah vaksinasi ini efektif, sudah terbukti di atlet-atlet kita,” tegas Reynold. (RO/OL-12)

Baca Juga

AFP/Noel Celis

AS Putuskan Lakukan Boikot Diplomatik di Olimpiade Musim Dingin Beijing

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Desember 2021, 05:30 WIB
Keputusan AS itu disambut gembira oleh kelonmpok HAM dan politisi AS yang sejak lama mendesak Presiden Joe Biden untuk bertindak tegas...
Instagram @npcindonesia

Kontingen Indonesia Bawa Pulang 12 Medali Emas dari AYPG 2021

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Desember 2021, 04:30 WIB
Paraatletik menjadi cabang olahraga paling banyak menyumbang medali emas bagi Indonesia dengan total empat keping dalam pesta olahraga...
Dok. Pribadi

Ombak Tinggi Bikin Belitung Sprint Triathlon Tanpa Cabor Renang, Peserta Tetap Antusias

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 23:43 WIB
Race Director Belitung Sprint Triatlon 2021 Husni Kamil menyebutkan kondisi ombak yang tinggi dan angin yang kencang menjadi alasan utama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya