Sabtu 18 September 2021, 18:45 WIB

Pemerintah Putuskan Kehadiran penonton di PON Papua Pekan Depan

Mediaindonesia | Olahraga
Pemerintah Putuskan Kehadiran penonton di PON Papua Pekan Depan

ANTARA FOTO/Gusti Tanati
Venue Dayung PON Papua di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua

 

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa keputusan perihal ada atau tidaknya penonton di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua akan ditetapkan pekan depan dalam rapat kabinet terbatas bersama Presiden Joko Widodo.

Menurut Zainudin, pemerintah dan panitia penyelenggara saat ini masih mengkaji kemungkinan PON Papua dihadiri penonton di stadion. Cakupan vaksinasi di empat klaster PON, kata dia, akan menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan nanti.

“Memang sekarang sedang kami lakukan pengkajian karena syaratnya (masyarakat) harus divaksin. Arahan pak presiden, beliau meminta untuk segera digencarkan vaksinasi COVID-19 khususnya yang ada di empat klaster, itu juga akan menentukan (keputusan),” kata Zainudin dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Sabtu.

“Mungkin pekan depan saat rapat kabinet akan lebih dipastikan. Kalau iya (dengan penonton) maka berapa persennya itu akan ditentukan dan tentu persyaratannya sangat ketat,” ujar dia menambahkan.

Baca juga: Menpora Pastikan Pertandingan Olahraga Berlangsung Tanpa Penonton

Berdasarkan keterangan Dinas Kesehatan Provinsi Papua, hingga September rata-rata cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama di empat klaster PON saat ini sudah di atas angka 50 persen, sedangkan dosis kedua di atas 30 persen.

Kendati begitu, sejumlah kontingen PON saat ini telah tiba di Papua meski upacara pembukaan masih dua pekan lagi, bahkan beberapa cabang olahraga sudah menggelar test event jelang PON.

Sejumlah pertandingan bakal bergulir sebelum upacara pembukaan PON Papua pada 2 Oktober, seperti sofbol putra, polo air, bisbol, paralayang, dan wushu.

Selain itu ada juga cabang olahraga ekshibisi, seperti esport, triathlon, selancar ombak, hapkido, kick boxing, dan kabaddi.

Zainudin mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo rencananya bakal membuka langsung PON Papua pada 2 Oktober mendatang.

“Jadi saya menyampaikan tidak perlu ada kekhawatiran berlebihan karena Papua sudah siap dan PON ini bagi masyarakat Papua adalah kebanggaan dan harga diri buat mereka,” pungkas dia.(OL-4)

Baca Juga

AFP

Phoenix Suns Harus Akui Keunggulan Denver Nuggets

👤Ilham Ananditya 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 15:53 WIB
Kedua tim kembali bertemu  sejak Suns menundukkan Nuggets dalam empat pertandingan di putaran kedua babak playoff Wilayah Barat...
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Yayuk Basuki Sesali Kinerja Kemenpora dan LADI Terkait Sanksi WADA

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 13:37 WIB
WADA menenegur LADI yang dinilai tidak patuh dalam menjalankan program uji doping, dan berakibat keluarnya sanksi dari...
Ist/DPR

Terkait Kasus WADA, Sufmi Dasco: Tim Bentukan Kemenkes Bisa Bikin Pusing 

👤 Sri Utami 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 13:12 WIB
Sufmi Dasco Ahmad menilai tim investigasi yang akan dibentuk Kemenkes terkait sanksi Badan Anti Doping Dunia (WADA)...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya