Sabtu 10 Juni 2023, 18:56 WIB

Berdayakan Pemuda, GMC Banten Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele

Ghani Nurcahyadi | Nusantara
Berdayakan Pemuda, GMC Banten Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele

Dok. GMC Banten
Pelatihan budidaya Lele yang dilakukan GMC Banten

 

SUKARELAWAN Ganjar Milenial Center (GMC) menggelar kegiatan pelatihan cara budidaya ikan lele bersama BEM Setia dan Organisasi Masyarakat Banten di Kampung Cicadas, Desa Kalanganyar, Kecamatan Labuan, Pandeglang, Banten. 

Ketua Kordinator Wilayah GMC Banten Cucu Komarudin mengatakan kegiatan pelatihan budidaya ikan lele itu dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sekitar yang berkualitas, sekaligus mencipatkan lapangan pekerjaan. 

Menurut dia, kegiatan itu dilaksanakan hasil permintaan anak muda sekitar yang menginginkan desa mereka dikenal sebagai penghasil ikan lele. 

Baca juga : Komunitas Warteg Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Ibu dan Lansia di Pangandaran

"Ini diusulkan oleh para pemuda dan milenial kepada GMC untuk menjadikan desa perternakan. Kegiatan ini untuk mempererat talisilaturahmi dengan masyarakat dan mahasiswa," ungkap Cucu. 

Dalam kegiatan tersebut, Cucu menjelaskan ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan mulai dari kolam, lahan, air hingga penyebaran bibit ikan. Tujuannya, agar ikan lele bisa berkembang dengan baik. 

Baca juga : Dorong Warga Serang Bedaya, SDG Gelar Pelatihan Membuat Emping

Pasalnya, dalam budi daya ikan lele tidak boleh bisa sembarangan, butuh proses yang cukup panjang agar bisa memanen ikan tersebut. 

"Butuh proses yang cukup panjang yang pertama, yaitu penyiapan lahan dan penyebaran bibit, dari penyiapan lahan ke penyebaran bibit membutuhkan empat hari penyeterilan air," ungkap Cucu. 

Dalam kesempatan itu, GMC Banten memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada masyarakat setempat. 

Sementara itu, Perwakilan Ormas Baraya Banten Dinar mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh GMC Banten

Menurut dia, kegiatan pelatihan budi daya ikan ini memberikan dampak yang baik bagi para warga, terlebih pelatihan tersebut melibatkan para milenial di desa tersebut. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada Ganjar Milenial Center Banten yang senantiasa menyalurkan kegiatan yang sifatnya memberikan dampak kepada masyarakat kecil juga senantiasa melibatkan kami selaku pemuda dan milenial," kata Dinar. (RO/Z-5)

Baca Juga

MI

Kisah Pilu Ibu Anak Empat di NTT, Bertahan Hidup di Gubuk Reyot

👤Fransiskus Gerardus Molo 🕔Jumat 29 September 2023, 16:17 WIB
SEJAK Januari 2023, Anastasi Sao (34) tinggal bersama empat anaknya di sebuah gubuk reyot di Dusun Megeloo, Desa Reroroja, Kabupaten Sikka,...
Antara

Pemkab Banjarnegara Siapkan Dana Rp101 M untuk Bangun Infrastruktur Wisata Dieng

👤Lilik Darmawan 🕔Jumat 29 September 2023, 15:46 WIB
PEMKAB Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) terus mengejar pembangunan infrastruktur kawasan Dieng dengan alokasi dana mencapai Rp101...
MI

Karhutla di Sumsel Merambat Hingga ke Rumah Warga

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 29 September 2023, 15:30 WIB
KEBAKARAN hutan dan lahan di Sumatra Selatan (Sumsel) tak hanya menghanguskan lahan gambut, namun juga sudah menyasar rumah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya