Senin 13 Maret 2023, 06:50 WIB

Wisata Lereng Gunung Merapi Tidak Ditutup Meski Erupsi Terus Terjadi

Agus Utantoro | Nusantara
Wisata Lereng Gunung Merapi Tidak Ditutup Meski Erupsi Terus Terjadi

AFP
Erupsi Gunung Merapi

 

KONDISI Gunung Merapi di Yogyakarta dua hari terakhir terus mengeluarkan awan panas. Namun sejumlah kawasan wisata di lereng Gunung Merapi terap berjalan normal. 

Pemerintah Kabupaten Sleman hingga saat ini belum menutup obek wisata di sekitar kawasan itu. Hanya dua kawasan wisata yang saat ini dututup. Yakni Taman Nasional Gunung Merapi memutuskan menutup objek wisata alam Muncar dan Kalikuning – Plunyon yang ada di wilayah Sleman dan Jurang Jero di Magelang.

“Seperti tadi yang disampaikan bahwa sampai saat ini belum ada upaya untuk menutup, kecuali dari pengelolanya berinisiasi masing-masing desa wisata atau destinasi wisata untuk menutup, tetapi sampai dengan saat ini pariwisata masih tetap dibuka," ujar Ishadi Yazid/Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Minggu (12/3).

Baca juga: Terdampak Abu Vulkanik, PMI Distribusikan Masker untuk Korban Erupsi Merapi

"Dengan catatan di pintu gerbang petugas kami dari Dinas Pariwisata selalu menginformasikan kondisi saat ini kepada pengunjung, sehingga ketika melanjutkan perjalanan wisatanya kita imbau untuk selalu hati-hati dan waspada, selalu mengikuti arahan dari petugas di lapangan.”

Dari pantauan di lapangan, pengelola wisata mengaku bila perlu menutup mereka tidak mempermasalahkan. Demikian pula, operasional jip wisata lava tour lereng Gunung Merapi tetap berjalan. Namun operasional jip menjauh dari area 7 kilometer serta tidak mendekati alur-alur sungai yang berhulu di puncak Gunung Merapi.

Baca juga: Cara Melindungi Diri dalam Kondisi Hujan Abu Vulkanik

Memang sampai saat ini jip wisata lavatour Kaliurang masih beroperasi, semikian pula kawasan wisata Kaliurang juga tetap menerima kunjungan wisata.

“Sebenarnya kondisi wisata di Kaliurang sendiri masih aman untuk dikunjungi karena dari instansi terkait, BPPTKG dari Dinas Pariwisata, BPBD tidak menutup untuk wisata di Kaliurang, khususnya untuk jip lava tour juga masih boleh beroperasi asalkan di radius maksimal 7 kilo dari puncak jadi masih bisa dikunjungi sangat aman untuk dikunjungi,” ujar Agung Wibowo, Driver Jip Wisata. (Z-3)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

MI/GABRIEL LANGGA

Pemerintah Kabupaten Ende Gelar Musrenbang sambil Berlayar di Laut

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 29 Maret 2023, 11:07 WIB
Mereka menggunakan Kapal KM Dharma Rucitra VIII milik PT Dharma Lautan...
MI/Kristiadi

KPU Tasikmalaya Tetapkan 4 Dapil dan 45 Kursi DPRD

👤Kristiadi 🕔Rabu 29 Maret 2023, 10:30 WIB
KPU Kota Tasikmalaya menetapkan empat wilayah daerah pemilihan (dapil) dan 45 kuota kursi untuk Dewan Pimpinan Rakyat Daerah Kota...
Antara

Persiapan Mudik Lebaran, Polres Kulonprogo Survei Jalur 

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 29 Maret 2023, 09:30 WIB
Jelang arus mudik lebaran, Polres Kulonprogo menyurvei jalur nasional dan alternatif yang akan digunakan pemudik masuk ke Daerah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya