Selasa 24 Januari 2023, 14:20 WIB

Tekan Laju Inflasi, Pemkab Dairi Pastikan Ketersediaan Bapok

Apul Iskandar | Nusantara
Tekan Laju Inflasi, Pemkab Dairi Pastikan Ketersediaan Bapok

MI/Apul Sianturi
Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu

 

BUPATI Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengintruksikan dinas terkait harus melakukan pemantauan harga untuk memastikan ketersediaan bahan pokok (bapok). Mereka juga diminta untuk memperkuat pengawasan melalui sidak pasar dan sinergi dengan Satgas Pangan. Hal ini untuk mengendalikan inflasi di Kabupaten Dairi, Sumatra Utara.

"Sehingga potensi inflasi bisa ditekan sedini mungkin. Kita lebih baik mengantisipasinya ," kata Eddy melalui Kepala Dinas Kominfo Dairi Aryanto Tinambunan dalam keterangannya, Selasa (24/1).

Soal pengendalian inflasi, Eddy mengungkapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi sudah melakukan berbagai upaya. Mulai dari Pencanangan Kawasan Pertanian Terpadu KPT di Desa Parbuluan V Kecamatan Parbuluan beberapa waktu yang lalu, Gubernur Sumatra Utara bersama Kapolda turun serta melakukan tanam perdana cabai di Parbuluan.

Selain itu, Pemkab Dairi juga sudah menjajaki Kerjasama Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan Walikota Medan. KAD ini diharapkan mampu menekan laju inflasi.

Kemudian selain melakukan KAD, dan Pencanangan Kawasan Pertanian Terpadu, Pemkab Dairi menekan inflasi juga melalui dukungan APBD. "Untuk menindaklanjuti arahan bapak Presiden sekaligus untuk membahas kegiatan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk tahun 2023. Saya berharap seluruh
OPD harus saling bersinergi terutama dalam mewujudkan visi-misi Kabupaten Dairi dalam mewujudkan Dairi Unggul mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam arahannya pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk Kepala Daerah dan Forkopimda di SICC, Bogor, (17/1) yang lalu, kata dia kepala daerah diminta kerja keras untuk menangani inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan upaya bersama menurunkan stunting.

"Hari Kamis (19/1), saya bersama teman-teman OPD Pemkab Dairi menggelar Rakor di Medan menindaklanjuti arahan bapak Presiden Jokowi. Rakor ini bertujuan untuk menyampaikan poin penting arahan Presiden saat Rakornas di Sentul, Bogor beberapa waktu lalu", ungkap dia.

"Saya ingin arahan presiden ini bisa dipahami oleh birokrasi Pemkab Dairi di semua tingkatan. Sehingga kita bisa bergerak bersama dan seirama," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga

MI/YOSEPH PENCAWAN

Gubernur Edy Tegaskan Pers Pertama di Indonesia Lahir di Sumatra Utara

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:38 WIB
Di Sumatra Utara pada 1836 sudah terbit surat kabar bernama Benih...
MI/HERI SUSETYO

Harlah 1 Abad NU, Baznas Sediakan 10 Ribu Boks ZChicken

👤Heri Susetyo 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:37 WIB
ZChicken merupakan salah satu program Baznas yang ditujukan kepada mustahik binaan. Yaitu dengan mengusung pemberdayaan di bidang...
MI/DJOKO SARDJONO

Bupati Klaten Sri Mulyani Sambangi Pasar, Cek Harga Kebutuhan Pokok

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:18 WIB
Minyak goreng bersubsidi Minyak Kita langka di pasar. Sedangkan minyak goreng isi ulang dijual Rp16 ribu atau di atas HET Rp14 ribuper...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya