Jumat 20 Januari 2023, 17:55 WIB

5 Kabupaten di Jateng Raih Pelayanan Publik Terbaik, Ganjar Dorong Kabupaten Lain Berinovasi

Haryanto | Nusantara
5 Kabupaten di Jateng Raih Pelayanan Publik Terbaik, Ganjar Dorong Kabupaten Lain Berinovasi

MI/Haryanto
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

 

OMBUDSMAN Republik Indonesia (ORI) memberikan penghargaan kepada lima kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang memiliki penilaian terbaik dalam hal pelayanan publik, serta penyediaan sarana dan prasarana terbaik untuk masyarakat.

Hal itu disampaikan langsung oleh ORI kepada bupati dan wali kota yang hadir dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan Opini Pengawasan ORI di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang turut hadir, menyampaikan apresiasi kepada bupati dan wali kota atas komitmen melayani publik dengan melakukan improvisasi, baik melalui kebijakan maupun perbaikan pelayanan.

"Saya senang dari ORI menilai dari luar dan kita mencoba melihat daerah-daerah yang layanan publiknya merah, sekarang sudah bisa hijau. Jadi kepala daerah, bupati wali kota juga melakukan improvement perbaikan pelayanan," kata Ganjar dalam keterangannya, Jumat (20/1/2023).

Meski menjadi daerah terbaik dalam pelayanan publik, Ganjar meminta bupati dan wali kota untuk tetap memberikan inovasi kepada dalam hal pelayanan publik, baik kebijakan, fasilitas sosial, fasilitas umum hingga sarana prasarana.

Adapun yang menjadi perhatian Ganjar ihwal keluhan yang disampaikan masyarakat yakni pelayanan publik yang dilakukan sejumlah lembaga. Biasanya, warga mengeluhkan peraturan yang berbelit dan lama.

"Lembaga yang sering dikomplain, pendidikan, seperti pungli, semua membayar dan ini mesti dijelaskan. Lalu dinas sosial, mengurus bantuan sosial kok sulit, kemana kami harus mendapatkan jaminan. Pelayanan kesehatan, itu kok perawatnya menyebalkan," jelas Ganjar.

Oleh sebab itu, Ganjar berharap setiap kepala daerah tingkat bupati, wali kota, camat hingga kepala desa untuk bisa berkoordinasi perihal pertukaran program dan kebijakan yang ada di tiap daerah.

"Belajar pengalaman agar di antara mereka bisa sharing, sehingga lebih enak mereka memperbaikinya. Tidak perlu memikirkan biar dapat yang baru dan diperbaiki, contoh saja yang sudah ada dan itu akan lebih cepat," ucap Ganjar.

Sebagai informasi, 5 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang mendapatkan penghargaan pelayanan publik terbaik dari ORI, yakni Pemkab Grobogan, Banyumas, Kendal, Kudus dan Tegal.

Sementara 5 Pemerintah Kota (Pemkot) yaitu Pemkot Magelang, Surakarta, Pekalongan, Tegal dan Salatiga. (OL-13)

Baca Juga: Peningkatan Pelayanan Publik di Jateng Tuai Apresiasi dari Ombudsman RI

 

Baca Juga

MI/Haryanto

Tahun Ini, Ganjar akan Musrembang Keliling Jateng Serap Aspirasi Warga

👤Haryanto 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:21 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan keliling enam eks kerasidenan di Jateng untuk menampung usulan masyarakat secara...
MI/ALEXANDER P TAUM

BPN Serahkan 1.540 Sertifikat Lahan Bekas Kawasan Hutan Lembata ke Warga

👤Alexander P Taum 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:17 WIB
Sertifikat tanah dari Program Redistribusi itu diserahkan secara simbolis oleh Penjabat Bupati Lembata, Marsianus...
DOK MI

Harga Beras Melambung, Pemprov Jatim Gelar Operasi Pasar

👤Faishol Taselan 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 20:59 WIB
NAIKNYA harga beras di sejumlah wilayah mendorong Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengambil langkah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya