Selasa 17 Januari 2023, 13:40 WIB

Rekening di Bank Raib Rp40 Juta Gegara Klik WA Aplikasi APK

Heri Susetyo | Nusantara
Rekening di Bank Raib Rp40 Juta Gegara Klik WA Aplikasi APK

dok.afp
Ilustrasi pesan whatsapp

 

MASYARAKAT diminta lebih berhati-hati apabila menjawab pesan masuk whatsapp dari nomor yang tidak dikenal. Di Kabupaten Sidoarjo, saldo rekening nasabah BRI tersedot Rp40 juta dalam waktu 5 menit, karena membuka pesan whatsapp yang meminta mengklik aplikasi Application Package File atau APK.

Peristiwa penipuan transaksi elektronik itu menimpa David Robertson Pardosi, warga Kabupaten Sidoarjo, Rabu malam lalu (11/1). Saat itu ada pesan whatsapp masuk di HP David, dari orang yang mengaku dari jasa pengiriman. Pihak pengirim pesan meminta titik alamat rumah, karena beralasan akan mengirim paket barang. Padahal David Pardosi saat itu tidak melakukan transaksi pembelian barang secara online.

Namun istri korban yang saat itu memegang HP David, ternyata menjawab dengan memberikan nomor alamat rumah. Tidak beberapa lama kemudian ada pesan lagi, yang berisi aplikasi APK.

Tanpa ada rasa curiga, istri korban mengklik pesan whatsapp tersebut. Sekitar 30 menit kemudian ada pemberitahuan BRI, bahwa ada nomor XXX5055, terdaftar melakukan transaksi ke Shopee.

Satu menit kemudian ada notifikasi lagi dari BRI, ada direct debit di rekening korban ke Shopee sebanyak empat kali. Satu transaksi senilai Rp10 juta, dan tiga lainnya masing-masing Rp9.990.000.

Nilai total uang dari empat kali transaksi ke Shopee tersebut, mencapai sekitar Rp40 juta. Korban sudah melaporkan kasus ini ke Polresta Sidoarjo dan BRI cabang Sidoarjo. "Pihak bank tidak berjanji untuk pengembalian uang, dan mereka menunggu FBI-menyelidiki kasus ini," kata David. (OL-13)

Baca Juga: Masyarakat Diminta Waspada Penipuan Modus Kirim APK di ...

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Tangkap Pembuat Aplikasi Pembobol Rekening di Sulsel

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:12 WIB
Pelaku diketahui berstatus mahasiswa, usia 20 tahun asal Kabupaten Pinrang, Sulsel. IA membuat aplikasi tersebut lalu...
DOK.MI

Masyarakat Diminta Waspada Gelombang Empat Meter di Perairan Talaud

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:02 WIB
Warga diharapkan berhati-hati bila melakukan aktivitas di perairan dengan tinggi gelombang tertentu karena bisa membahayakan keselamatan...
Dok. BSKDN Kemendagri

BSKDN Minta Sulawesi Selatan Jadi Barometer Kemajuan Inovasi di Indonesia Timur

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 22:39 WIB
Lebih lanjut Yusharto menjelaskan, berdasarkan variabel ukur IID Provinsi Sulsel telah mengalami peningkatan pada 2022 dihampir semua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya