Rabu 11 Januari 2023, 17:37 WIB

Bantuan Sembako Bergizi Disalurkan untuk Atasi Stunting

M. Taufan SP Bustan | Nusantara
Bantuan Sembako Bergizi Disalurkan untuk Atasi Stunting

Antara/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi pelayanan posyandu sebagai salah satu upaya mencegah stunting.

 

PEMERINTAH Palu, Sulawesi Tengah, menilai penyebab utama terjadinya stunting karena faktor ekonomi warga di kota itu tidak mampu membeli makanan bergizi.

Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido mengatakan, faktor ekonomi menjadi penyebab stunting berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tim pravelensi stunting di lapangan sejak 2022 lalu. "Ibu hamil tidak dapat mengonsumsi makanan bergizi dan saat melahirkan tidak mampu memberikan makanan bergizi kepada bayinya karena ekonomi yang pas-pasan,” terangnya, Rabu (11/1).

Menurut Reny, untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah Palu di tahun ini melakukan upaya intervensi dengan memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada warga yang kurang mampu dan berisiko stunting. Sembako ini berisi beras, minyak, susu, telur, ikan, tahu, tempe, buah-buahan, dan makanan bergizi lainnya. "Sembako itu tentu di dalamnya banyak makanan bergizi untuk ibu hamil dan bayi,” tegasnya.

Reny menjelaskan, sampai saat ini, pihaknya terus berupaya menurunkan kasus stunting yang masih memerlukan penanganan lebih serius.

Pasalnya, berdasarkan data elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (PPGBM) kasus stunting di Palu masih berada di angka 23,9%. Meski terjadi penurunan 1,7% di 2022, namun angka tersebut masih terbilang tinggi.

“Meski angkanya masih di bawah angka nasional sebesar 24%, namun kami masih terus berupaya untuk menekan angka itu sampai di bawah 20%,” paparnya.

Reny menambahkan, untuk mengindentifikasi anak yang berisiko stunting pemerintah Palu melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) menurunkan tim ke setiap kelurahan maupun kecamatan untuk melakukan pendataan langsung di lapangan, sehingga dalam penyaluran program bantuan tepat sasaran.

“Saat ini pendataan sementara berlangsung. Ketika pendataan selesai penyaluran bantuan langsung kami lakukan. Target bulan ini selesai,” tandasnya. (OL-12)

Baca Juga

MI/HO

Komunitas Kiai Muda Jatim Gelar Khitanan Massal di Bojonegoro

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:25 WIB
KOMUNITAS Kiai Muda Jawa Timur melaksanakan khitanan massal bertema Khitan Itu Sehat 2023 di Pondok Pesantren (Ponpes) Nabaul Qur'an Al...
MI/HO

Temui Komunitas Penyandang Disabilitas, Ganjar Siapkan Pelatihan Usaha dan Pemasaran

👤Haryanto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:20 WIB
 GUBERNUR Jateng Ganjar Pranowo selalu bersedia untuk memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para penyandang disabilitas yang...
DOK/Green Forest Resort & Wedding by Horison

Metropolitan Golden Management Jamu Pelanggan Korporasi Jakarta, Banten dan Jawa Barat

👤Naviandri 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:20 WIB
Acara ini bertujuan untuk memberi apresiasi kepada berbagai perusahaan yang sering menghelat acara di hotel-hotel Horison d itiga provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya