Selasa 27 Desember 2022, 17:27 WIB

Angka Stunting Di Lubuklinggau Alami Penurunan

Dwi Apriani | Nusantara
Angka Stunting Di Lubuklinggau Alami Penurunan

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota Lubuklinggau, Sumsel terus melakukan berbagai upaya dalam menurunkan angka stunting. Berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI), angka stunting di Lubuklinggau mengalami penurunan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi mengatakan data SSGI menunjukkan angka stunting di Kota Lubuklinggau mengalami penurunan cukup signifikan. "Saat ini angka stunting di Lubuklinggau saat ini 12,429 persen turun dari 20,8 persen pada 2021," kata Erwin.

Ia menjelaskan, daerah yang mengalami penurunan diatas 10 persen termasuk Kota Lubuklinggau telah diverifikasi oleh tim pusat pada tanggal 19 sampai dengan 22 Desember 2022 lalu. Verifikasi tersebut dilakukan dengan 60 sampel balita di Lubuklinggau. "Launching data resmi masih harus menunggu data nasional," ungkapnya.

Adapun wilayah di Lubuklinggau yang divalidasi SSGI yaitu Siring Agung, Margo Rejo, Marga Rahayu, Taba Jemekeh, Batu Urip Taba dan Puncak Kemuning. Ia menjelaskan, pihaknya selaku penanggungjawab intervensi spesifik telah melaksanakan aksi konvergensi ke tujuh setelah sebelumnya dilaksanakan penimbangan dan pengukuran.

Selain itu, Pemkab Lubuklinggau juga melakukan pelaksanaan delapan aksi integrasi percepatan pencegahan stunting yang meliputi analisis situasi, penyusunan rencana kerja, rembuk stunting, pembagian kewenangan antara desa dan kabupaten. Selain itu, konvergensi yang dilakukan yakni mobilisasi dan pembinaan KPM, manajemen data, pengukuran dan publikasi hasil pengukuran stunting serta review kinerja.

Wakil Wali Kota Lubuklinggau, Sulaiman Kohar menjelaskan, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Lubuklinggau telah menuntaskan
aksi konvergensi ke tujuh stunting. "Saat ini semua pihak telah bergerak lebih cepat dan proaktif dalam pencapaian target penurunan angka stunting. Kita berharap target dan upaya yang kita lakukan membuahkan hasil yang memuaskan," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

DOK.MI

Situasi Polres Malinau Kaltara Kondusif Usai Dirusak Massa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:20 WIB
Peristiwa ini berawal dari tertembaknya korban LH oleh Brigadir W dari Tim Intel Resmob Kompi 4 Yon A Pelopor Polda...
ANTARA/Istafan Najmi

BKSDA Teliti Perilaku Harimau Sumatra Serang Warga di Aceh Selatan

👤Amiruddin Abdullah 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:05 WIB
Sampel darah harimau tersebut akan dikirim ke Laboratorium PSSP Bogor untuk pemeriksaan canine distemper...
ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Kirab Barongsai dan Liong Meriahkan Cap Go Meh di Denpasar

👤Ruta Suryana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:40 WIB
Kirab barongsai dan liong tidak hanya melibatkan warga keturunan Tionghoa dan umat di klenteng, tetapi juga masyarakat Hindu Bali dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya