Minggu 30 Oktober 2022, 12:47 WIB

Redam Masalah Air, Srikandi Ganjar Bangun Sumur untuk Warga Desa Pengkol

mediaindonesia.com | Nusantara
Redam Masalah Air, Srikandi Ganjar Bangun Sumur untuk Warga Desa Pengkol

dok.ist
Warga Desa Pengkol di Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, syukuran atas selesainya pembangunan sumur bor oleh Srikandi ga

 

WARGA Desa Pengkol di Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta telah lama mengalami permasalahan air, khususnya pada musim kemarau. Akibat kesulitan air ini, warga desa harus pergi cukup jauh untuk mengambil air di wilayah lain. Sementara sebagian lainnya terpaksa harus mengeluarkan uang lebih untuk sekadar membeli air bersih.

Permasalahan ini yang melatarbelakangi para relawan perempuan yang tergabung dalam Srikandi Ganjar Yogyakarta untuk melakukan kegiatan kemanusiaan berupa pembangunan sumur bor di Desa Pengkol. Sumur ini diharapkan mampu meredam permasalahan air yag diderita warga desa.

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Yogyakarta, Herawati mengatakan, air yang mengalir dari sumur ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga di satu Kelurahan Pengkol, baik untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga, maupun untuk keperluan berkebun.

"Srikandi Ganjar kali ini melakukan kegiatan kemanusiaan, di mana kami melakukan pembangun sumur bor, yang pembangunannya sudah dilakukan pada tanggal 15 Oktober, dan pada 26 Oktober, air dari sumur ini sudah mengalir," ucap Herawati, Minggu (30/10/2022).

Dalam peresmian sumur bor tersebut, Srikandi Ganjar menggelar sejumlah kegiatan. Mulai dari ditampilkannya kesenian jatilan atau kuda lumping khas Jawa Tengah, pemotongan tumpeng, hingga penandatanganan prasasti sebagai simbol diresmikannya sumur tersebut. Penandatanganan dilakukan Herawati bersama perangkat Desa Pengkol.

"Kami mendengar dan merasakan keresahan warga Gunung Kidul, khususnya di Desa Pengkol ini, bahwasanya mereka sangat kesulitan mendapatkan air bersih. Jadi di sini kami berinisiatif untuk membangun sumur bor ini," jelas Herawati.

Lebih lanjut, Herawati menjelaskan bahwa kegiatan pembangunan sumur bor ini terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo. Dia menyebut, Ganjar adalah pemimpin yang sangat aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan. Dirinya bertekad akan terus menggelar aksi-aksi kemanusiaan dalam kegiatan berikutnya.

"Menurut saya kegiatan ini juga merupakan representasi dari sosok Pak Ganjar yang di mana beliau sangat peduli terhadap persoalan-persoalan sosial seperti ini. Untuk kebermanfaatannya, sumur ini bisa dimanfaatkan oleh warga di satu kelurahan," jelasnya.

Sementara itu, Lurah Pengkol, Agus Sunarjo (49)mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi pembangunan sumur yang dilakukan para relawan Srikandi Ganjar. Agus menyebut, sumur ini akan sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari warganya.

Agus juga membenarkan perihal permasalahan air yang membelenggu warganya. Dia menceritakan, tiap musim kemarau tiba, warganya sangat kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih. Banyak warganya terpaksa harus membeli air setiap hari.

"Pembangunan sumur yang dilakukan oleh Srikandi Ganjar ini, kita sangat berterima kasih. Memang kita sebagai masyarakat sangat membutuhkan (sumur tersebut). Di musim kemarau, kami terpaksa sering membeli air yang dijual di tanki. Jadi ada (penjual air) tanki yang sering turun untuk menjual di desa-desa kami," jelasnya. (OL-13)

Baca Juga

MGN/Rifqi Nafis Basya

Sedikitnya 202 Pengungsi Gempa Cianjur Terserang ISPA

👤Rifqi Nafis Basya (MGN), Muhardi (SB) 🕔Selasa 29 November 2022, 18:25 WIB
Rina mengatakan warga terdampak gempa mulai mengalami sakit sebagian besar yakni lansia, anak-anak, dan...
MGN/Yuki Pramudya

Organ Dalam Keluarga Tewas di Magelang Rusak bak Terbakar

👤Yuki Pramudya (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) 🕔Selasa 29 November 2022, 18:17 WIB
KEPOLISIAN Daerah Jawa Tengah memastikan tiga korban di Mertoyudan, Magelang, tewas diracun. Kondisi organ dalam para korban rusak berwarna...
DOK MI

Kasus Covid-19 Di Babel Kembali Melonjak

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 29 November 2022, 18:07 WIB
KASUS covid-19 di Provinsi Bangka Belitung (Babel) kembali melonjak. Saat ini tercatat ada 132 kasus aktif Covid-19 di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya