Rabu 28 September 2022, 22:34 WIB

Ketua Komnas HAM Temui Lukas Enembe

Marcel Kelen | Nusantara
Ketua Komnas HAM Temui Lukas Enembe

Ist
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (kiri) dan Gubernur Papua Lukas Enembe (kanan).

 

KETUA Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik bertemu dengan Gubenur Papua Lukas Enembe yang kini menjadi tersangka gratifikasi oleh KPK, di kediaman pribadi Enembe di Koya Tengah, Distrik Muara Tamu, Kota Jayapura, Rabu (28/9). Dalam pertemuan itu, Damanik didampingi Komisioner Komnas HAM Khoirul Anam dan ketua Komnas HAM Papua Frits Ramandey.

Ketua tim penasehat hukum Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening mennjelaskan, dalam pertemuan itu hadir juga dokter pribadi Lukas Enembe, Anton Motte.

"Mereka berbincang seputar kondisi kesehatan Gubernur dan proses hukum yang sedang dijalani. Pak Lukas menceritakan bagaimana kasus yang dihadapi dan dugaan tekanan politik yang besar dalam kasusnya. Komnas HAM juga meminta Pak Lukas agar fokus dulu pada kesehatannya serta memastikan dapatkan hak untuk kesehatannya," kata Roy.

Roy menambahkan, dalam pertemuan itu, Lukas Enembe juga berkesempatan berkomunikasi dengan penyidik KPK yakni Direktur Penyidikan Asep Guntur melalui ponsel. "Jadi kami selalu kordinasi dengan KPK. Jangan lagi bangun narasi bahwa tim pengacara selalu menghalangi proses hukum. Sebelum balik dari Jakarta, saya sudah kordinasi dengan pak Asep" jelasnya.

Menurut Roy, selain kondisi kesehatan, memang ada pertimbangan masyarakat dan keluarga yang banyak di kediaman Lukas Enembe. Sehingga, perlu dicari terobosan agar penegakan hukum jalan terus.

Ia juga mengungkapkan, saat ini tim dokter pribadi Lukas Enembe sedang mengupayakan agar dokternya dari Singapura bisa datang ke Jayapura. "Kalau obatnya sudah sampai dari Singapura. Kita berharap tim dokter juga segera sampai agar melihat kondisi beliau dan memutuskan apa cukup dirawat di sini atau keluar negeri," jelas Roy. (OL-15)
 

Baca Juga

dok.APP

TN Berbak Sembilang Ikut Program Penguatan Fungsi Konservasi dan Ekosistem

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 09 Desember 2022, 11:45 WIB
DALAM rangka perlindungan pengamanan hutan dan konservasi keanekaragaman hayati, APP Sinar Mas bersama dengan Ditjen KSDAE menandatangani...
MI/Bagus Suryo

TPST Bondalem Mampu Olah Sampah 3 Ton/Hari Jadi Pupuk Kompos

👤Arnoldus Dhae 🕔Jumat 09 Desember 2022, 11:10 WIB
TEMPAT pengolahan sampah terpadu (TPST) Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali mendorong kesadaran masyarakat desa...
MI/Haryanto

Ganjar : RTLH, Permodalan, dan Pelatihan Jadi Proyek Jateng Turunkan Angka Kemiskianan

👤Haryanto 🕔Jumat 09 Desember 2022, 11:10 WIB
PROGRAM bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), permodalan, dan pelatihan yang dijalankan Pemprov Jateng adalah proyek untuk menurunkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya