Rabu 18 Mei 2022, 10:15 WIB

Ganjar Minta Peternak Segera Melapor Jika Sapinya Tunjukkan Gejala PMK

Haryanto | Nusantara
Ganjar Minta Peternak Segera Melapor Jika Sapinya Tunjukkan Gejala PMK

MI/Haryanto
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengatakan masyarakat tidak perlu panik terkait ditemukannya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jawa Tengah.

Diketahui, beberapa waktu lalu Ganjar mendeteksi kasus PMK di tiga Kabupaten di Jawa Tengah, yakni Boyolali, Rembang dan Sragen.

Ganjar menyebut, dari kasus PMK yang ditemukan, sudah ada hewan ternak yang diobati dan sembuh.

"Sekarang masih dalam pantauan terus-menerus jadi masyarakat ngga perlu panik. Wong itu sudah ada yang bisa diobati bahkan diobati sembuh kok," ujar Ganjar di kantornya, Jalan Pahlawan, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (18/5).

Lebih lanjut Ganjar menyampaikan, tim Unit Reaksi Cepat (URC) Pemprov Jateng yang dibentuk untuk memantau perkembangan PMK masih terus berjalan.

Jauh sebelumnya, Ganjar juga sudah berkomunikasi dengan kementerian terkait, termasuk bertemu Kementerian Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mendorong penyelesaian PMK yang menjangkit hewan ternak ini dipercepat.

Ganjar juga meminta petani dan peternak yang hewan ternaknya menunjukkan gejala PMK, agar segera mengontak dokter hewan untuk dikarantina dan diobati secepatnya.

"Saya ingin nanti kalau ada petani peternak yang sapinya ada masalah, segera kontak penyuluh dan dinas biar kita turun. Temen-temen bupati wali kota semua turun ke pasar hewan ngecek," kata Ganjar. (OL-13)

Baca Juga: Waspada, PMK Berpotensi Menular ke Manusia

Baca Juga

MI/ADAM DWI

Kunjungan Wisatawan Domestik ke Bangka Meningkat

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 30 September 2022, 12:15 WIB
Tercatat untuk wisatawan mancanegara yang berwisata di Bangka tercatat hanya 14 kunjungan. Namun untuk wisatawan nusantara pada 2021 naik...
Metrotv/Fransiskus Gerardus

F-PRB Gandeng Pemda Flotim Sinkronkan Visi Guna Antisipasi Kurangi Resiko Bencana dan Perubahan iklim 

👤Fransiskus Gerardus 🕔Jumat 30 September 2022, 11:59 WIB
Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menyinkronkan rencana kerja bersama dalam isu pengurangan resiko bencana di Kabupaten Flores...
Antara/Asep

Siklon Tropis tidak Memengaruhi Wilayah NTT

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 11:37 WIB
BMKG dan BNPB mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem di seluruh wilayah Indonesia terutama dengan kemunculan siklon...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya