Kamis 28 April 2022, 10:19 WIB

Hari Ini Puncak Mudik di Jateng, Pemudik Masuk Naik 200%

Akhmad Safuan | Nusantara
Hari Ini Puncak Mudik di Jateng, Pemudik Masuk Naik 200%

MI/M Risyal Hidayat
Foto udara sejumlah kendaraan melintasi gerbang tol saat pemberlakuan 'Contraflow' di jalan tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Purwakarta, Jab

 

PUNCAK arus mudik lebaran diperkirakan terjadi hari ini, Kamis (28/4). Dimana jumlah pemudik masuk Jawa Tengah menggunakan angkutan kereta api (KA), kapal laut dan bus mengalami peningkatan hingga 200 persen.

Pemantauan Media Indonesia, di beberapa titik kedatangan pemudik lebaran seperti bandara, stasiun kereta api, pelabuhan dan terminal bus di Kota Semarang maupun daerah lain di pantura Jawa Tengah alami peningkatan cukup signifikan dibanding sebelumnya.

Sejak dini hari secara bergelombang puluhan ribu pemudik memasuki beberapa daerah di Jawa Tengah, kesibukan beberapa pintu masuk juga meningkat dari pelayanan, pemeriksaan dan pengaturan sirkulasi pemudik oleh petugas hingga angkutan terusan berbagai jurusan yang hilir mudik di terminal kedatangan.

Di Stasiun KA Tawang dan Poncol Semarang setidaknya ada 5.000 pemudik turun, demikian juga di Stasiun KA Pekalongan ada 2.000 pemudik berdatangan menggunakan berbagai angkutan kereta api dari Jakarta, Bandung dan Surabaya sejak dini hari.

"Jumlah penumpang turun di Stasiun Tawang meningkat dari dua hari sebelumnya 3.500 orang meningkat menjadi 3.800 orang dan hari ini diperkirakan capai 5.000 orang," kata Petugas KAI Daop IV Semarang Sujoko, Kamis (28/4).

Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang jumlah pemudik dari Kalimantan turun kapal juga terus meningkat, bahkan dibandingkan tahun lalu terjadi peningkatan hingga 200 persen. "Hingga kini sudah 15.000 pemudik datang, tahun lalu hanya 5.000 orang," ujar General Manager PT Pelindo III Semarang Ardianto.

Kepala UPTD Pelabuhan Kendal Andi Rahmat mengatakan setelah kedatangan pemudik dari Kumai, Kalteng sebanyak 419 orang pada Minggu (24/4) lalu, hari ini (28/4) kembali datang drnfan jumlah lebih besar lagi hampir 1.000 penumpang menggunakan KM Kalibodri.

Sementara itu di Terminal Mangkang Semarang, selain 150 bus mudik gratis dan 30 bus diantaranya dari Pemprov DKI mulai berdatangan membawa ribuan pemudik yang diturunkan, juga bus antar kita antar antar provinsi (AKAP) reguler dari daerah di Sumatera, Jawa Barat dan Jakarta.

Kepala Terminal Mangkang Reno Adi Pribadi berbagai antisipasi menghadapi kedatangan pemudik telah dipersiapkan, bahkan jam operasional bus terusan seperti Trans Semarang juga ditambah termasuk pelayanan pemeriksaan kesehatan selama 24 jam. "Kita juga sajikan hiburan untuk mengurangi kepenatan pemudik sebelum melanjutkan perjalanan daera asal," tambahnya.

Kondisi serupa juga terjadi di Bandara Ahmad Yani Semarang, selain dilakukan penambahan jam operasional jumlah penumpang yang naik dan turun di bandara ini terus meningkat seperti pada Senin (25/4) tercatat penumpang turun 3.068 orang dan naik 1.431 orang dari total 49 penerbangan.

"Puncak mudik lebaran di Bandara Ahmad Yani diperkirakan terjadi pada Jumat (29/4) besok, jumlah penumpang turun diperkirakan meningkat dibandingkan sebelumnya," ungkap General Manager Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto.

General Manager Airnav Indonesia Cabang Bandara Ahmad Yani Semarang Mi'wan Muhammad Bunay mengatakan adanya penambahan jam operasional bandara juga terjadi lonjakan pergerakan pesawat di bandara ini hingga 80 persen dari sebelumnya 30 pesawat per  hari menjadi 47 hingga 50 pergerakan pesawat pada mudik lebaran ini. (OL-13)

Baca Juga: Srikandi Jabodetabek Deklarasi Ganjar Pranowo Presiden 2024

 

Baca Juga

dok.ist

Emak-emak Sumut Doa Bersama agar Dapat Pemimpin yang Tepat di 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 14:35 WIB
RELAWAN Mak Ganjar mengikuti acara doa bersama di lapangan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Mereka yang berbeda agama...
DOK/PHI GROUP

Pelangi Hotel Internasional Kelola Taman Wisata Air Krakatau Kahai Beach Lampung

👤Media Indonesia 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 12:45 WIB
Hotel dan permainan air ini memiliki lokasi yang sangat strategis, karena berada di pinggir pantai, dengan pemandangan laut...
dok.ist

Meriahkan HUT RI, Relawan Des Ganjar Gaungkan Nilai Patriotisme dan Cinta Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 09:31 WIB
JARINGAN relawan Des Ganjar Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, memperingati HUT ke-77 RI dengan menggelar beragam perlombaan yang sangat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya