Selasa 31 Mei 2016, 21:19 WIB

Wali Kota Jambi Jadi Narasumber Dialog Aliansi Peduli Sanitasi

Administrator | Nusantara
Wali Kota Jambi Jadi Narasumber Dialog Aliansi Peduli Sanitasi

Foto Istimewa

 

BERTEMPAT di salah satu hotel di Semarang, Jawa Tengah, Senin (30/5), Wali Kota Jambi menjadi narasumber pada acara advokasi dan horizontal learning (AHL) Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) sekaligus peluncuran aplikasi STBM-SMART (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Kementerian Kesehatan RI.

Dihadapan Menkes Prof DR dr Nila Farid Moeloek, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta stakeholder terkait termasuk perwakilan Akkopsi dari 444 kabupaten/kota, Wali Kota Jambi yang juga Wakil Ketua I Akkopsi menyampaikan presentasi program dan kegiatan Akkopsi.

Forum itu juga dimanfaatkan untuk memantau penguatan peran 444 bupati/wali kota anggota Akkopsi dalam merealisasikan komitmen mengalokasikan minimal 2% dari anggaran belanja langsung daerah untuk sektor sanitasi sebagaimana yang dideklarasikan dalam acara City Sanitation Summit 2011 lalu di Banda Aceh.

Di acara yang sama juga diluncurkan Aplikasi STBM-SMART dari Kemenkes. Ada yang menarik saat peluncuran, yaitu saat seluruh peserta yang hadir diminta secara spontan mengaktifkan aplikasi STBM-SMART di smartphone masing-masing. Ternyata Wali Kota Jambi sudah memiliki aplikasi tersebut di ponselnya, yang selama ini digunakannya untuk memantau STBM di Kota Jambi, yang ternyata sudah berada di angka 93% (di atas rata-rata).

Pada kesempatan itu, Menkes Nila Moeloek mengapresiasi keberadaan Akkopsi dalam menginisiasi pengembangan dan pembangunan sanitasi. Selain juga mengucapkan terima kasih, ia berharap Akkopsi terus eksis dan maju sebagai mitra pemerintah dari semua kementerian terkait program sanitasi.

Forum pemangku kebijakan di bidang sanitasi tersebut turut dihadiri perwakilan World Bank (Water Global Practise) Martin Albrecht serta para bupati/wali kota se-Provinsi Jateng. (RO/OL-5)

Baca Juga

herviewfromhome.com

Banyak Pegawai Terinfeksi Satu Puskesmas di Mukomuko Masih Tutup

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 02:00 WIB
 Adanya penambahan 12 tenaga kesehatan yang dinyatakan positif...
ANTARA/OKY LUKMANSYAH

Warga Tasikmalaya Geger Penemuan Mayat Bayi Yang Dimakan Anjing

👤Kristiadi 🕔Minggu 11 April 2021, 23:22 WIB
WARGA Kampung Sukahurip Desa Cikondang, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dikejutkan dengan penemuan mayat seorang bayi...
Antara

Tasikmalaya Dilanda Hujan Deras, Puluhan Pohon Tumbang

👤Kristiadi 🕔Minggu 11 April 2021, 20:00 WIB
Intensitas hujan tinggi akibat Siklon Tropis Seroja masih terjadi di sejumlah daerah, termasuk Tasikmalaya. Cuaca ekstrem berpotensi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya