Rabu 09 Maret 2022, 16:16 WIB

Mahasantri se-Jawa Barat Deklarasi Dukung Ganjar Presiden 2024

Kristiadi | Nusantara
Mahasantri se-Jawa Barat Deklarasi Dukung Ganjar Presiden 2024

MI/Kristiadi
Ratusan mahasiswa dan santri sejak Jawa Barat deklarasi dukungan untuk Ganjar Pranowo presiden 2024

 

RATUSAN mahasiswa santri (Mahasantri) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Jawa Barat yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar menyatakan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo agar maju menjadi presiden periode 2024-2029. 

Adapun kegiatan ini digelar di Saung Budaya Sumedang (Sabusu), Desa Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Setidaknya 150 mahasantri ikut mendeklarasikan Ganjar Pranowo. 

Koordinator Wilayah Jawa Barat, Anas Nasir menilai Ganjar memiliki potensi untuk naik tingkat menjadi presiden RI di 2024. Untuk itu, Santri Dukung Ganjar Jawa Barat mengadakan deklarasi tersebut. 

"Kami dari santri, alumni santri yang saat ini sedang berstatus mahasiswa di PTKIN se-Jawa Barat melihat, pak Ganjar ini memiliki potensi untuk menjadi presiden di 2024," ucap Anas di lokasi, Rabu (9/3/2022). 

Anas menyebut, salah satu potensi yang dimiliki Ganjar Pranowo adalah sosoknya yang dekat dan mengayomi masyarakat. Hal inilah yang dirasa absen dalam kegiatan pemerintahan hari ini. 

"Beliau pro birokrasi dan juga sangat populis, artinya pro terhadap rakyat, mampu mentransfer apa yang disampaikan rakyat untuk dijadikan kebijakan yang berpihak terhadap rakyat," katanya. 

Anas menegaskan, Santri Dukung Ganjar siap menggaet kaum santri, alumni pondok pesantren, mahasantri, dan ustaz muda sebagai pendukung Ganjar. Anas turut menyatakan akan mendukung program dan gagasan Ganjar. 

"Betul, teman-teman semakin hari semakin mengencangkan tanggung jawab masing-masing untuk menegaskan dan mendukung pak Ganjar jadi capres," terangnya. 

"Nah tentu elemen seperti santri, ustaz-ustaz muda maupun alumni santri kita akan galakkan bersama setiap hari. Kita akan mengadakan kegiatan lebih masif untuk menggalang partisipan dan juga  berhasil mentransfer ide-ide yang ada di kami kepada khalayak ramai," tambahnya. 

Selain menggelar deklarasi, di lokasi tersebut Santri Dukung Ganjar wilayah Jawa Barat juga memberikan santunan kepada santri dari Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung. Terdapat 15 santri yang mendapat santunan. 

Hal senada diungkapkan oleh Mahasantri dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Rini Iskandar (24). Rini menyebut kegiatan deklarasi ini sebagai pemersatu santri maupun mahasantri dari berbagai daerah di Jawa Barat. 

Dengan begitu, dukungan untuk Ganjar Pranowo akan semakin besar. 

"Besar harapannya temen-temen santri itu bisa bantu menyuarakan niat baik daripada bapak Ganjar karena seperti apa yang kita tau sudah sangat banyak terkait instalasi perpolitikan di Indonesia ini tapi sangat sensitif ketika berbicara masalah keagamaan," ucap Rini. 

"Tapi untuk hal ini santri dapat tersentuh dan hal ini terbilang sangat jarang," pungkas Rini. (OL-13) 

Baca Juga

MI/Haryanto

Lampaui Nasional, Ini Resep Ganjar Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Jateng

👤Haryanto 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:45 WIB
BPS Jateng merilis pertumbuhan ekonomi di Jateng mencapai 5,66 persen pada kuartal II tahun 2022. Pertumbuhan ini lebih baik dari angka...
Ist

Sandiaga Uno Jalin Mitra Strategis untuk Majukan Ekonomi di Gampong Ulee Lheue

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:43 WIB
Wisata religi menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong yang datang ke Desa Wisata Gampong Ulee Lheue di Kecamatan Meuraxa, Kota...
MI/Rendy Ferdiansyah

Sempat Menghilang, Titik Panas Kembali Terdeteksi di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:38 WIB
HUJAN yang mengguyur Bangka Belitung (Babel) belum lama ini sempat menghilangkan titik panas namun saat ini kembali terpantau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya