Jumat 03 Desember 2021, 15:21 WIB

Tiga Kabupaten di Sulteng Bebas Covid-19

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Tiga Kabupaten di Sulteng Bebas Covid-19

Antara/Basri Marzuki.
Warga melintasi mobil Respon Vaksinasi saat vaksinasi covid-19 oleh Polda Sulteng di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (1/9/2021).

 

KABUPATEN Banggai Laut, Morowali, dan Morowali Utara berhasil menghentikan penyebaran covid-19 hingga nol kasus. Tiga kabupaten di Sulawesi Tengah itu pun mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat.  

Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) Covid-19 Sulteng, Adiman, mengatakan saat ini Sulteng menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang tingkat penyebaran kasus covid-19 cukup rendah. Pasalnya, dari 12 kabupaten dan satu kota di provinsi tersebut, tiga di antaranya berhasil menghentikan penyebaran covid-19 hingga nol kasus.  

"Capaian itu membuat Kabupaten Banggai Laut, Morowali dan, Morowali Utara mendapat apresiasi dari pemerintah pusat," terangnya, Jumat (3/12). Meski sudah terbebas dari covid-19, tiga daerah itu masih terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.  

"Gubernur juga memberikan imbauan, jangan lengah meski kasus aktif sudah tidak ditemukan. Artinya, prokes di tiga kabupaten tersebut harus tetap dijaga. Intinya jangan berpuas diri sehingga lalai," tegasnya.  

Adiman menjelaskan, untuk 10 daerah lainnya di Sulteng yang masih ditemukan kasus aktif covid-19 ialah Kabupaten Poso, Tolitoli, Banggai, Banggai Kepulauan, Buol, Parigi Moutong, Sigi, Tojo Unauna, Donggala, dan Kota Palu. "Meski di 10 daerah itu masih ditemukan kasus aktif, angkanya sudah sangat sedikit," ujarnya.  

Baca juga: Banjir Rob Rendam Dua Kabupaten di Pesisir Timur Jambi

Pemerintah Sulteng, tambah Adiman, optimistis nol kasus covid-19 di seluruh wilayah Sulteng akan terjadi. Oleh karena itu, dalam menekan dan meminimalisasi penyebaran covid-19, seluruh masyarakat diminta tetap menjalankan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan. "Tidak kalah penting warga yang belum divaksinasi harus mengikuti vaksinasi sehingga tercipta kekebalan tubuh yang sulit ditembus virus," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

DOK Metro TV.

Bus Ardiansyah Kecelakaan di Tol Surabaya-Mojokerto, 14 Tewas

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:32 WIB
Bus yang mengalami kecelakaan menurut keterangan warga membawa rombongan warga Surabaya Barat yang berwisata ke Dieng dan Yogyakarta pada...
MI/Rendy Ferdiansyah

Karhutla: Puluhan Titik Panas Muncul di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:00 WIB
PULUHAN titik panas atau hotspot yang di duga adanya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bertebaran hampir diseluruh Kabupaten di Provinsi...
MI/Voucke Lontaan

Pemprov dan 15 Kabupaten/Kota di Sulut Raih Opini WTP

👤Voucke Lontaan 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:55 WIB
PEMPROV dan 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas  Laporan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya