Rabu 03 November 2021, 15:45 WIB

Padi Merah Lokal Munduk M5 Dibudidayakan di Buleleng

Arnoldus Dhae | Nusantara
Padi Merah Lokal Munduk M5 Dibudidayakan di Buleleng

ANTARA
Panen padi merah di Tabanan, beberapa waktu lalu.

 

DINAS Pertanian (Distan) Kabupaten Buleleng kembali melakukan percobaan penanaman padi merah lokal Munduk yang sebelumnya telah disemai menggunakan radiasi nuklir. Kegiatan penanaman padi itu berlangsung beberapa hari yang lalu di Subak Babakan Desa Sambangan.

Dikonfirmasi via telepon, Rabu (3/11/2021), Kadis Pertanian Buleleng, I Made Sumiarta mengakui bahwa penanaman padi merah lokal Munduk sudah dilakukan dan kegiatan itu merupakan program lanjutan kerja sama Distan Buleleng dengan Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR). ''Penanaman padi merah kali ini adalah yang kelima atau M5 kami lakukan di Subak Babakan Sambangan. Jadi dengan pemuliaan M5 ini kami ingin mencari hasil yang terbaik,'' terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya menilai hasil dari pemuliaan M4 belum signifikan antara keluarnya malai hingga pada saat panen. Terkait itu, Kadis Sumiarta melanjutkan pemuliaan padi hingga ke tahap M5. 

Tindakan ini dilakukan juga atas hasil koordinasi bersama Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Kadis Sumiarta meyakini berbagai langkah percobaan pemuliaan padi merah dengan radiasi itu nantinya akan menemukan hasil yang baik. Membutuhkan proses yang panjang untuk mencapai hasil yang terbaik. 

''Kami terus melakukan percobaan radiasi nuklir ini, dengan radiasi pertumbuhan malai jadi lebih cepat, sehingga masa panen pun juga cepat,'' tegasnya. 

Ditambahkan, tujuan dari diterapkannya radiasi nuklir terhadap padi merah lokal Munduk itu adalah selain menciptakan kualitas padi yang terbaik, juga untuk mempercepat keluarnya malai dan masa panen.

Ke depannya, Kadis Sumiarta akan menyusun program radiasi nuklir untuk varietas tanaman lainnya. ''Mungkin nanti ke depannya dengan tanaman holtikultura dan buah-buahan. Kita telah bekerjasama dengan BATAN, nanti pelaksanaan kegiatan radiasanya BATAN yang memberikan biaya,'' pungkasnya. (OL/OL-10)

Baca Juga

Antara/Raisan Al Farisi.

Lima Sapi Terkena PMK Masuk, Pemkot Bandung Kecolongan

👤Naviandri 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:15 WIB
Ada 13 daerah di Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang menjadi zona merah PM, seperti Cianjur, Sumedang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung...
Antara/Basri Marzuki.

Harga Pupuk Nonsubsidi Melejit, Petani Sawit Babel Menjerit

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:39 WIB
Harga pupuk KCL sebelumnya Rp300 ribu kini naik menjadi Rp850 ribu per karung. Harga NPK Kebomas dari Rp270 ribu per karung naik menjadi...
MI/Rommy Pujianto

Inilah Aksi-Aksi Satpam Bank Menjaga Keamanan Nasabah dan Karyawan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:48 WIB
Dikenal ramah, murah senyum pada nasabah, satpam bank berikut memiliki keberanian yang tak diragukan demi keamanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya