Rabu 27 Oktober 2021, 20:57 WIB

Sumut Patok Capaian Target Herd Immunity Di Akhir 2021

Yoseph Pencawan | Nusantara
Sumut Patok Capaian Target Herd Immunity Di Akhir 2021

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara optimistis mampu mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) pada akhir tahun ini dengan melakukan sejumlah upaya khusus.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis mengatakan, seluruh instansi terkait dan Satgas Penanganan Covid-19 sudah diinstruksikan Gubernur Edy Rahmayadi untuk mengusung target capaian kekebalan kelompok pada akhir 2021. "Gubernur optimistis target itu dapat kita capai," ujarnya, Rabu (27/10).

Menurut Ismail, pembentukan herd immunity merupakan salah satu cara menekan penularan virus korona. Selain karena kebutuhan, optimisme Gubernur tersebut juga melihat dari capaian vaksinasi yang sudah dilaksanakan.

Sampai Oktober 2021, capaian vaksinasi Covid-19 rata-rata sudah mencapai 50% dari 33 kabupaten dan kota di Sumut. Adapun pemenuhan syarat utama dari pembentukan herd immunity adalah capaian vaksinasi minimal 70%.

Lebih lanjut, Ismail menerangkan, salah satu langkah khusus yang sedang dilakukan untuk mengejar target tersebut adalah memerkuat kerja sama dan koordinasi antar elemen yakni antara pemprov dengan pemkab/pemkot, Polri, TNI dan masyarakat.

Langkah lain, tambah dia, adalah peningkatan penegakan protokol kesehatan (prokes). Sebelum September 2021 kasus harian Sumut masih mencapai 2.000, tetapi saat ini tinggal 32 kasus.

Meski angka penularan terus menurun, tetapi pemprov masih akan terus menyosialisasikan penegakan prokes. Sumut tidak mau lagi daerahnya mengalami lonjakan penularan, terutama dalam suasana Natal dan pergantian tahun nanti. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Dok PT KAI

KAI Salurkan Bantuan Toilet Portable dan Sembako bagi Korban Erupsi Gunung Semeru

👤 Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:50 WIB
Bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) itu berupa Toilet Portable sebanyak 3 unit dan Paket Sembako dengan nilai total...
ANTARA/ I.C.Senjaya

Museum Nyah Lasem, Potret Rumah Gaya Gladhak Jawa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:37 WIB
Museum Nyah Lasem didedikasikan mengingat kembali kehidupan nyonyah-nyonyah dan keluarga keturunan Tionghoa di rumah kuno...
MI/Denny Susanto

Banjir Mulai Landa Bagian Hilir Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Senin 06 Desember 2021, 11:45 WIB
Selain akibat tingginya curah hujan dan turunnya luapan banjir dari bagian hulu, kondisi air pasang menyebabkan terjadinya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya