Selasa 13 April 2021, 21:45 WIB

Banyumas dan Kebumen Antisipasi Warga Yang Nekat Mudik

Lilik Darmawan | Nusantara
Banyumas dan Kebumen Antisipasi Warga Yang Nekat Mudik

ANTARA
Ilustrasi

 

POLRESTA Banyumas mendirikan lima pos pemantauan untuk mengawasi pemudik. Pengawasan dilakukan pada H-10 Lebaran hingga H+5 Lebaran.

"Berbagai macam skenario untuk mengantisipasi kedatangan pemudik. Pemerintah sudah melarang mudik demikian pasti masih ada yang nekat mudik. Karena itulah, maka Polresta Banyumas melakukan berbagai macam antisipasi," jelas Kapolresta Banyumas Kombes M Firman L Hakim, Selasa (13/4).

Dijelaskan Kapolresta, lima titik yang bakal dijaga adalah perbatasan dengan wilayah lainnya. Hal itu dilakukan supaya dapat terpantau para pemudik yang akan masuk ke Banyumas.

"Personel di perbatasan dibuat dengan metode unit kecil lengkap. Artinya, ada tim gabungan seperti polisi, TNI, Satpol PP dan petugas Dinas Kesehatan. Semuanya akan melaksanakan penjagaan di lima titik perbatasan," kata dia.

Menurut Kapolresta, masing-masing personel akan melaksanakan tugas masing-masing. Misalnya, jika ada pemudik yang datang maka yang dilakukan adalah dengan melakukan tracing dan testing. Kalau ada yang positif berdasarkan tes antigen, maka langkah selanjutnya adalah  dikembalikan ke kota asal atau masuk karantina.

Hal yang sama juga dilakukan Polres Kebumen. Kapolres Kebumen Ajun Komisaris Besar Piter Yanottama mengatakan akan membentuk posko-posko di sejumlah titik guna memantau arus lalu lintas kendaraan yang masuk wilayah Kebumen.

"Petugas di posko akan memantau dan melakukan pengecekan kendaraan yang masuk wilayah Kebumen. Hal itu dilaksanakan untuk pendataan. Kami juga meminta kepada masyarakat untuk tidak mudik. Kalau memaksa mudik, maka akan ada sanksi tegas dari petugas," tegasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/RAMDANI

Polda Klarifikasi Video Viral Protes Bus di KM 31 Tol Japek

👤Prasetyo Proyogo/Putri Lukman 🕔Kamis 06 Mei 2021, 14:36 WIB
“Para penumpang bus karyawan itu tidak mau keluar di pintu tol selanjutnya, jadi pada protes. Padahal tujuannya agar tidak crossing....
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Ratusan Kendaraan Pemudik Diputar Balik di Karawang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 14:16 WIB
Ratusan kendaraan roda dua dan roda empat yang memasuki wilayah Karawang terpaksa diputar balik oleh petugas di Posko Pengamanan dan...
DOK PEMPROV JATENG

Ganjar Pranowo Berang Penumpang Positif Covid Dibiarkan Terbang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 13:50 WIB
Pihak bandara dan KKP lanjut Ganjar harus segera melakukan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya