Kamis 18 Februari 2021, 08:54 WIB

Kota Tebing Tinggi Siap Bangun Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja

Apul Iskandar | Nusantara
Kota Tebing Tinggi Siap Bangun Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja

MI/Apul Iskandar
Pemkot Tebing Tinggi mendapat bantuan pembangunan pengelolaan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja dari Kementerian PUPR.

 

PEMERINTAH Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara menerima bantuan pengelolaan pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Tahun 2020 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Bantuan IPLT ini digunakan untuk mengurangi pencemaran dari limbah tinja sekaligus mewujudkan lingkungan kota yang bersih, sehat, dan nyaman.

Turut hadir Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tebing Tinggi Rusmiyati Harahap, Kadis Kominfo Dedi P Siagian dan Kepala Balai Pra Sarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Kementerian PUPR Syafriel Tamsier.

Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan bahwa di Sumatra Utara ada tiga kabupaten kota yang menerima bantuan pengelolaan pembangunan IPLT dari Kementerian PUPR, yakni Kota Medan, Kabupaten Dairi dan Kota Tebing Tinggi.

"Kami berterimakasih kepada Kementerian PUPR, bahwa ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat kepada Kota Tebing Tinggi, dianggap sebagai sebuah kota yang harus memberikan fasilitas layanan sanitasi yang baik kepada masyarakat. Khususnya dari Balai Pra Sarana Permukiman Wilayah Sumatra Utara," kata Umar Hasibuan usai penandatanganan serah terima pengelolaan pembangunan IPLT Tahun 2020 di ruang kerja lantai IV Gedung Balai Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara, Rabu, (17/2).

Dengan adanya bantuan IPLT dari Kementerian PUPR tersebut, Umar berharap tidak ada lagi warga Tebing Tinggi yang buang air besar sembarangan atau sanitasi dialirkan ke pembuangan sungai atau badan air lainnya.

"Semua harus diolah dan dikirimkan ke IPLT yang ada untuk diproses sesuai dengan standar kesehatan. Diharapkan UPT yang ada di Dinas PUPR memelihara,merawat dan mengoperasionalkan sebaik-baiknya, jangan sampai ada kesan kumuh, kotor dan tidak terawat," harapnya.

baca juga: Warga Lereng Merapi Dapat Akses Pengobatan Gratis 

Umar juga meminta agar IPLT dirawat sehingga tidak mudah rusak, serta dijaga agar tidak dicuri.  Pada kesempatan itu, Umar Hasibuan juga berharap program-program pembangunan lainnya masih akan berlanjut di Kota Tebing Tinggi.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kepala Balai Pra Sarana Permukiman Wilayah Sumatra Utara Kementerian PUPR, termasuk mungkin Program Kotaku yang masih kita lanjutkan, Kota Kumuh dan program lainnya yang mungkin bisa kita bantu", ujarnya. (OL-3)


 

Baca Juga

Antara

Usai Lari pagi, Wapres Datangi Nelayan Pulau Cangkir

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:45 WIB
Tak hanya menyapa, Ma’ruf dan Wury pun turut membeli ikan-ikan segar yang ditawarkan para...
Ilustrasi

78,68 Persen Warga Bangka Tengah Sudah Divaksinasi Dosis I

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:29 WIB
Ia mengatakan, dari 120.594 warga yang sudah divaksin, baru sebanyak 97.513 warga mendapatkan vaksin...
Dok. Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar Jabar Rebut Simpati Lewat Aksi Sosial 

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:15 WIB
Perwakilan DPW Sahabat Ganjar MIla Kurnia Jawa Barat mengatakan, semua aktivitas dilakukan dengan melakukan kegiatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya