Kamis 18 Februari 2021, 07:25 WIB

Warga Lereng Merapi Dapat Akses Pengobatan Gratis

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Warga Lereng Merapi Dapat Akses Pengobatan Gratis

Dok Ani Martanti
Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sleman, Ani Martanti saat menemui warga Cangkringan Sleman dalam acara pengobatan gratis, Rabu (17/2/2021).

 

WARGA di lereng Gunung Merapi, Sleman, mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, Rabu (17/2). Sekitar seratusan orang mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Cangkringan, Sleman.

"Bakti sosial yang dilakukan bagi warga Lereng Merapi itu berupa Pemeriksaan kesehatan, cek USG, urologi dan penggobatan gratis," terang Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sleman, Ani Martanti

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Pukesmas Cangkringan, dan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada ini juga membagikan bantuan bahan pokok untuk 170 orang.

Ani menyampaikan, bakti sosial untuk warga lereng Merapi merupakan bentuk upaya menjaga kesehatan warga. Di tengah situasi pandemi Covid-19 dan aktivitas erupsi Gunung Merapi, kepedulian kepada sesama terus digalang, terutama untuk membantu warga yang membutuhkan.

Masa pandemi dan erupsi Merapi yang belum usai membuat sebagian warga enggan memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan, baik ke Puskesmas, klinik, maupun rumah sakit.

"Bakti sosial seperti ini diharapkan menjadi upaya jemput bola untuk meningkatkan kesadaran warga untuk memeriksakan kesehatannya sekaligus mengkampanyekan hidup sehat di tengah situasi covid 19," terang politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini.

baca juga: Pemkab Cianjur Khawatirkan Fenomena Gunung Es Kasus Covid-19

Ani pun berpesan, kesabaran menghadapi masa pandemi harus diiringi usaha. Ketahanan kesehatan warga jangan sampai dilupakan karena menjadi faktor penting dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Hanya warga yang sehat dan memiliki ketahanan tubuh yang kuat lebih mampu menjalankan kehidupan yang lebih baik dan terhindar dari berbagai penyakit," terang dia.

Bakti Sosial juga dilakukan dengan protokol kesehatan lengkap. Warga yang mengalami penyakit berat akan segera dirujuk ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan terbaik. (OL-3)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jaswita Jabar Kembangkan Objek Wisata Baru di Ciwidey

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:40 WIB
Hejo Forest menyajikan wisata alam di Kabupaten...
MI/Ruta Suryana

240 Siswa PAUD dan Orangtua Berkolaborasi Ikuti Lomba Kreativitas

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:38 WIB
Pada acara ini ada 3 kegiatan yang dilombakan. Yakni Lomba Peragaan Busana ke Pura, Lomba Simulasi Berlian, dan Lomba Menyajikan...
DOK MI

Polda NTT Tahan Istri Terdakwa Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak

👤Palce Amalo 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:34 WIB
POLDA Nusa Tenggara Timur (NTT) menahan Irawaty Astana Dewi Ua atau Ira, istri Randy Bajideh, terdakwa kasus pembunuhan ibu dan anak. Ira...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya