Sabtu 23 Januari 2021, 18:15 WIB

DPRD DIY Soroti Ruang Perawatan Pasien Covid-19 yang Sudah Penuh

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
DPRD DIY Soroti Ruang Perawatan Pasien Covid-19 yang Sudah Penuh

Antara/Andreas Fitri Atmoko
Pekerja mempersiapkan ruang isolasi pasien Covid-19 di RS Patmasuri, Bantul DIY

 

WAKIL Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana mengatakan, saat ini kondisi Covid19 DIY sudah sangat mengkhawatirkan dan memprihatinkan. 

"Ruang perawatan Covid di berbagai rumah sakit sudah penuh. Bahkan IGD rumah sakit ada yang buka tutup karena tidak mampu menampung pasien," kata dia, Sabtu (23/1). 

Selain itu, sangat banyak pasien bergejala yang seharusnya mendapatkan perawatan tetapi tidak tertampung di rumah sakit. Alhasil, mereka terpaksa dirawat di rumah atau bahkan tidak terawat. Dalam kondisi ini, penambahan ruang perawatan sangat mendesak, demi menyelamatkan jiwa warga. 

"Sudah dua pekan ini kondisi RS overload dan Gubernur minta ditambah ruang perawatan, tetapi penambahan sampai saat ini belum signifikan," jelas dia. 

Baca juga : Lamongan Siap Vaksinasi 6.650 Tenaga Kesehatan

Terobosan harus ditemukan untuk bisa menambah ruang perawatan untuk meningkatkan kapasitas RS. Kalau pemda sulit rekrutmen SDM, mereka semestinya bisa minta RS rekrutmen sendiri dengan biaya dari pemda. 

RS yang selama ini sudah kerja sama semestinya dibantu dengan penuh, jangan dibiarkan saja. 

"Menurut saya RS RS di jogja ini perlu diajak duduk bersama bagaimana cara meningkatkan kapasitas perawatan mereka secara signifikan, tentunya dengan support dari pemerintah daerah. Jangan sampai berlarut masalah ini yang akan membuat penderitaan warga semakin besar," pungkas dia. (OL-7)

Baca Juga

MI/Susanto

Selama 6 Hari, 16.364 Orang Ikuti Vaksinasi Massal di Yogyakarta

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Minggu 07 Maret 2021, 13:09 WIB
"Total teregistrasi ada 19.200 orang, yang datang 17.240 (89.79%) orang, dan yang divaksinasi 16.364 orang (85.18%),"...
DOK BKSDA Riau

Hujan Bantu Padamkan Karhutla di Giam Siak Kecil

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Minggu 07 Maret 2021, 12:45 WIB
Hujan deras yang mengguyur wilayah Riau sejak Sabtu (6/3) hingga Minggu (7/3) pagi, berhasil membantu memadamkan lebih dari 100 hektare...
MI/Usman Iskandar

Sulsel Perketat Pintu Masuk Cegah Varian Baru Covid

👤Lina Herlina 🕔Minggu 07 Maret 2021, 12:38 WIB
Untuk mencegah masuknya virus korona varian baru, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar melakukan langkah-langkah pencegahan termasuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya