Jumat 15 Januari 2021, 22:43 WIB

Tanah Bergerak di Brebes Belasan Rumah Rusak Warga Mengungsi

SUPARDJI RASBAN | Nusantara
Tanah Bergerak di Brebes Belasan Rumah Rusak Warga Mengungsi

MI/SUPARDJI RASBAN
Tanah bergerak sebabknya dinding rumah retak.

 

BENCANA tanah bergerak terjadi di Dukuh Sambungregel, Desa Manggis, Kecamatan Sirampog. Bangunan rumah mengalami retak, sebagian tembok hancur, sejumlah bangunan semi permanen juga rusak berat sehingga tidak layak untuk ditempati lagi.
     
Tak hanya itu, jalan pemukiman juga retak akibat tanah bergerak yang memaksa warga ekstra hati hati saat melintas. Kepala Desa (Kades) Manggis, Masruri menuturkan, tanah bergerak terjadi sejak tiga hari terakhir.
     
"Saat pertama kali terjadi hanya beberapa rumah yang terdampak namun sekarang yang rusak akibat tanah bergerak mencapai 16 rumah," tutur Masruri, Jumat (15/1/2021).

Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, warga terpaksa mengungsi ke rumah sanak saudara terdekat. "Ada lebih 30 warga kami yang terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman di rumah sanak saudara," ujar Masruri.
     
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes juga telah mendirikan tenda darurat di lokasi kejadian dan menyalurkan bantuan berupa bahan makanan. "Bantuan juga datang dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Brebes berupa uang tunai dan sejumlah peralatan sehari hari," ucap Masruri.
     
Karena intensitas hujan yang cukup tinggi masih sering terjadi, warga diminta untuk selalu waspada karena kemungkinan tanah bergerak bisa terjadi kapan saja. (JI/OL-10)

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Konflik Walikota vs Wakil Walikota Tegal Belum Usai

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:58 WIB
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal akhirnya duduk bersama dan menyaksikan  acara penyerahan program TNI Manunggal Membangun Desa...
Dok MI

Kasus Sembuh Covid-19 di Klaten Bertambah

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:25 WIB
Kasus covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bertambah 11 orang terkonfirmasi positif, Selasa (2/3). Namun, kali ini terdapat 24...
MI/Hijrah Ibrahim

Maluku Utara Kini Punya Kawasan Berikat Sektor Pertambangan

👤Hijrah Ibrahim 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:18 WIB
Pemprov Maluku Utara dan Bea Cukai meresmikan Kawasan Berikat di Kawasi, Halmahera Selatan, untuk sektor pertambangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya