Kamis 10 September 2020, 04:45 WIB

Membuka Potensi Wisata Sumba Selatan

PO/FB/LN/N-3 | Nusantara
Membuka Potensi Wisata Sumba Selatan

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Seorang anak menaiki kuda di kampung adat Ratenggaro Desa Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Rabu (28/8).

 

TUJUH kecamatan di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, memiliki pantai dan destinasi wisata alam yang indah. Sayang, jalan yang buruk dan listrik PLN yang belum masuk membuat potensi itu hanya dinikmati warga lokal.

Tahun lalu, Gubernur Viktor Laiskodat menggulirkan dana pembangunan jalan sebesar Rp50 miliar untuk membuka keterisolasian ketujuh kecamatan itu. Kemarin, ia datang dan merasakan jalan baru itu.

“Setelah jalan beres, pertanian, perkebunan, peternakan, dan pariwisata harus disiapkan dengan baik. Pasti akan banyak orang datang ke sini karena punya pantai dan destinasi wisata yang indah,” ujarnya.

Ketujuh kecamatan yang akhirnya tersambungkan dengan dunia luar itu ialah Tabundung, Pinu Pahar Karera, Paberiwai, Ngadu Ngala, Ma­tawai Lapawu, dan Mahu. Pada 2016, tujuh kecamatan itu pernah diusulkan untuk menjadi Kabupaten Sumba Selatan, terpisah dari Kabupaten Sumba Timur, namun belum disetujui.

“Viktor adalah gubernur pertama yang membangun jalan di Sumba Selatan. Dari dulu, kami belum pernah merasakan,” kata Umbu Raja, tokoh muda di daerah itu.

Panasnya Pulau Sumba juga membuat Laiskodat berencana menggulirkan megaproyek energi listrik tenaga surya. “Cuaca panas di Sumba terbaik di Indonesia. Ini potensi energi baru terbarukan yang besar.”

Di Sulawesi Selatan, Gubernur Nurdin Abdullah mendapat hadiah dengan selesainya pembangunan tol layang Pettarani di Kota Makassar. Target pembangunan rampung Februari, namun molor dan baru tuntas bulan ini.

“Oktober, tol ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo bersama dimulainya sejumlah proyek pembangunan di Sulsel,” ujarnya.

Tol Layang Makassar itu panjangnya 4,3 kilometer. Pembangunannya melibatkan 2.500 pekerja. (PO/FB/LN/N-3)

Baca Juga

Dok FKDB

Panen Raya Jagung Hibrida di Lahan Binaan FKDB

👤Media Indonesia 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:15 WIB
LAHAN uji coba untuk penanaman jagung hibrida di Air Molek 1, Pasir Penyu, Indragiri Hulu, Riau mulai...
ANTARA

Polisi Masih Selidiki Penyebab Kecelakaan Maut Karawang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:52 WIB
Pihak kepolisian kini masih mencari penyebab kecelakaan itu sehingga penyelidikan data dan teknis masih diperlukan untuk bisa mengungkap...
DOK MI

KM Sirimau Kandas di Wilayah Laut Lembata

👤Alexander Taum 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:37 WIB
KM Sirimau yang sedang berlayar dari Pelabuhan Laut Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Selasa (17/5) kandas di pulau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya