Minggu 26 Juli 2020, 18:15 WIB

Nakes Positif Korona Dua Puskesmas di Karawang Ditutup

Cikwan Suwandi | Nusantara
Nakes Positif Korona Dua Puskesmas di Karawang Ditutup

MI/Cikwan Suwandi
Kepala Dinas Kesehatan Nanik Jodjana

 

DINAS Kesehatan Karawang menutup sementara operasional dua pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), setelah tiga tenaga kesehatan (nakes) positif Covid-19. Ketiganya diketahui tertular korona, usai menjalani rapid test dan tes usap (swab test) massal yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN).

"Di Puskesmas Wanakerta dua orang dan satu lagi di Puskesmas Curug. Kedua Puskesmas ini kita tutup sementara dari tanggal 27 Juli hingga tanggal 9 Agustus," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Nanik Jodjana kepada mediaindonesia.com, Minggu (26/7).

Nanik menjelaskan dalam pelaksanaan rapid test dan tes usap yang dilaksanakan BIN di rumah galeri, pada Kamis (23/7/2020) diikuti sebanyak 755 orang. Dari jumlah itu sebanyak 15 orang dinyatakan reaktif dan dari reaktif tersebut dilakukan tes usap dan sebanyak 8 orang dinyatakan positif Covid-19.

"Jadi 3 orang ini merupakan tenaga kesehatan dan sisanya merupakan warga," ungkapnya.

Sementara itu untuk warga Curug dan Wanakerta yang ingin berobat, lanjut Nanik, bisa berobat di puskesmas terdekat atau yang memiliki BPJS Kesehatan bisa menuju klinik langsung.

"Saya juga belum tahu mereka ini tertular dari mana. Tetapi kita sudah melakukan tracing kepada orang terdekat dan bertemu dengan 8 pasien baru tersebut," ucapnya.

Sementara itu Dinas Kesehatan juga menemukan klaster baru dari sebuah organisasi masyarakat (Ormas) agama, sebanyak 6 orang positif Covid-19. Daerah di Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur itu pun dilakukan karantina komunal.

"Awalnya ada tiga warga yang pergi ke Surabaya, kemudian satu orang sakit, setelah dilakukan pengecekan ternyata positif . Kemudian ditemukan terpapar lima orang. Saat ini kita sudah melakukan tes usap kepada 62 warga," ungkapnya.

Dinas Kesehatan mengakui kewalahan melakukan tracing, karena meningkatnya pasien dalam dua hari terakhir. Sehingga ia meminta warga untuk tetap patuh menjalani protokol kesehatan dalam aktivitasnya. (OL-13)

Baca Juga

dok.mi

Kasus Terkonfirmasi Covid-19 di Jateng Naik Lagi

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 15 April 2021, 15:50 WIB
SEMPAT menurun, kasus covid-19 di beberapa daerah di Jawa Tengah (Jateng) kini kembali bergerak...
MI/Apul Iskandar

Dana Pensiun belum Dibayar, Pensiunan PNS Ngadu ke Ombudsman

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 15 April 2021, 15:42 WIB
Menurut alur di Ombudsman RI, laporan yang masuk akan terlebih dahulu diverifikasi kelengkapan...
MI/Martinus Solo

Pemkab Sorong Izinkan Shalat Tarawih di Masjid

👤Martinus Solo 🕔Kamis 15 April 2021, 15:40 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Sorong, Papua Barat, memberikan izin umat Islam untuk melaksanakan shalat tarawih di masjid dan musala. Tentunya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya