Jumat 12 Juni 2020, 17:35 WIB

Pasar Tradisional di Temanggung Jadi Pusat Sebaran Covid-19

Tosiani | Nusantara
Pasar Tradisional di Temanggung Jadi Pusat Sebaran Covid-19

Antara
Pasar Ngadirejo Temanggung, salah satu episentrum penyebaran covid-19.

 

SEBANYAK tujuh pasar tradisional di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ditengarai menjadi episentrum penyebaran Covid-19. Pemerintah Daerah (Pemda) setempat berencana melakukan penutupan sementara untuk proses disinfeksi dan menata ulang pasar.

Bupati Temanggung M Al Khadziq menyebutkan, dari tujuh pasar itu, lima diantaranya sudah menjadi episentrum penyebaran Covid-19 dalam tahap yang amat significan. Yakni; Pasar Ngadirejo, Pasar Gemawang, Pasar Gondang di daerag Menggoro Kecamatan Tembarak, Pasar Jumo, dan Pasar Kandangan.

"Di Pasar Ngadirejo ada temuan lebih dari 15 orang yang positif korona, ditambah beberapa pedagang sayur keliling yang biasa memasok sayuran dari pasar itu pun ada yang positif. Kalau di Pasar Gemawang dan pasar lainnya
ada kisaran 15 orang yang positif,"ungkap Khadziq, Jumat (12/6).

Adapun di dua pasar lainnya, yakni Pasar Kranggan Bawah dan Pasar Temanggung juga telah menjadi episentrum penyebaran virus dalam skala kecil. Di Pasar Temanggung ada temuan dua orang positif korona dan di Pasar Kranggan Bawah terdapat tiga kasus positif.

"Ke depan akan disinfeksi di seluruh pasar. Pasar kita liburkan barang sehari atau dua hari, kita lakukan penataan ulang agar flow pengunjung tidak terlalu berdesakan,"ujar Khadziq.

Pemda berencana menggunakan free public space di sekitar pasar untuk menata pedagang. Nantinya, pedagang yang di dalam sebagian dikeluarkan ke area luar pasar, sehingga proses jual beli tetap berlangsung tapi lebih aman.

Proses disinfeksi diperkirakan memakan waktu 1-2 hari. Selama masa tutup sementara atau libur ini akan dimanfaatkan untuk mengkonsolidasikan lagi area pasar. Akan ditata pintu masuk dan pintu keluar untuk pemeriksaan.
Warga yang datang diwajibkan menggunakan masker dan diperiksa oleh tenaga medis. Pengunjung yang sakit atau suhu badan tinggi tidak diperkenankan masuk ke dalam pasar.

"Rencana lima pasar dulu kita disinfeksi. Untuk jadwal masih kita susun. Saya mohon pengertian masyarakat agar pasar aman dan tidak menjadi pusat penyebaran virus,"pungkas Khadziq. (OL-13)

Baca Juga

MI/Kristiadi.

Satu Korban Hilang dalam Kecelakaan Bus City Trans Utama

👤Kristiadi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 15:30 WIB
Kecelakan tunggal yang terjadi di Jalan Nasional III itu menyebabkan tiga orang meninggal dunia, setelah pengemudi bus hilang kendali dan...
ANTARA/Iggoy el Fitra

BMKG Minta Waspadai Gelombang Rossby Masih Landa NTT

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 15:15 WIB
Warga di daerah-daerah tersebut agar mewaspadai potensi hujan sedang hingga deras ini bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir...
MI/Haryanto

Ganjar Gandeng Komunitas Selesaikan Masalah Sampah

👤Haryanto 🕔Minggu 26 Juni 2022, 15:00 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyebut, sampah menjadi persoalan serius yang harus ditangani secepatnya, sebab selain ...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya