Senin 11 Mei 2020, 04:15 WIB

Satpol PP Banyumas Gencarkan Razia Atiran Penggunaan Masker

Lilik Darmawan | Nusantara
Satpol PP Banyumas Gencarkan Razia Atiran Penggunaan Masker

ANTARA/Idhad Zakaria
Pelanggar aturan penggunaan masker menjalani sidang secara online di Pendopo Kecamatan Banyumas, Jateng, Jumat (8/5)

 

SATUAN Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng)  bersama tim gabungan Polri dan TNI akan terus menegakkan Perda No. 2 tahun 2020. Dalam perda itu mengatur pemberian sanksi kepada warga yang tidak mengenakan masker di tempat umum. Satpol PP Banyumas akan melakukan razia di pasar dan mal.

Kepala Satpol PP Banyumas Imam Pamungkas mengatakan setelah mengajukan para terdakwa tindak pidana ringan (tipiring) pada pekan lalu dalam persidangan di wilayah Pengadilan Negeri (PN) Banyumas, maka razia tetap akan terus dilaksanakan.

"Setelah di wilayah kerja PN Banyumas, maka kemungkinan kami juga akan mengajukan kasus yang sama di wilayah kerja PN Purwokerto. Karena di Banyumas ada dua PN, setelah Banyumas, maka mereka yang terjaring di wilayah kerja PN Purwokerto akan diajukan ke persidangan juga," tegas Imam, Minggu (10/5).

Ia mengungkapkan sebetulnya pengajuan ke persidangan bukanlah merupakan tujuannya, sebab hal yang paling penting adalah meningkatkan kedisiplinan warga agar mereka mau mengenakan masker, teruatama pada saat berada di luar ruangan dan bertemu dengan orang.

"Pekan lalu, di PN Banyumas telah divonis 13 orang yang tidak mengenakan masker dengan denda Rp7 ribu dan biaya perkara Rp3 ribu. Mereka memberikan denda sesuai vonis," katanya.

Diungkapkan dalam Perda No.2 tahun 2020 tentang Pencegahan dan  Penanggulangan Penyakit di Kabupaten Banyumas, telah diatur mengenai tindak pidana ringan (tipiring) yang dilakukan oleh warga. "Dalam Perda tersebut disebutkan, jika ada yang melanggar tidak mengenakan masker, maka bakal didenda maksimal Rp50 ribu dan kurangan maksimal 3 bulan. Untuk penegakannya, Satpol PP bersama tim gabungan akan terus melaksanakan razia," ujar dia. (R-1)

Baca Juga

Ist

Dorong Home Stay Nyaman, Sandiaga Serahkan 42 Set Sprei untuk Pariwisata Berkelanjutan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:56 WIB
Bila penginapan di lokasi wisata telah nyaman, para wisatawan akan berdatangan.  Bila sudah rutin ada kedatangan wisatawan,...
ANTARA/Tim Magang/Dela

Bendera Merah Putih Sepanjang 100 Meter Dibentangkan di Sungai Kapuas

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:45 WIB
Ada sekitar 300 orang yang terlibat dalam acara pembentangan Bendera Merah Putih untuk memperingati ulang tahun ke-250 Kota...
Medcom

Polisi Masih Berupaya Identifikasi Sejoli yang Tewas di Rumah Kontrakan di Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 11:52 WIB
"Kami masih melakukan penyeldikan terhadap dua mayat yang berada di dalam kamar di atas ranjang dan rencananya akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya