Selasa 18 Februari 2020, 09:04 WIB

Harga Bawang Putih Turun, OP tidak Perlu

(RF/BB/N-2) | Nusantara
Harga Bawang Putih Turun, OP tidak Perlu

Media/Djoko Sardjono
Harga Bawang Putih Terus Bergerak Turun.

 

PERINGATAN Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kepada distributor bawang untuk tidak menimbun, berbuah baik. Harga komoditas itu berangsur turun karena pasokan ke pasar kembali lancar.

Di Bangka Belitung, misalnya, seperti dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sunardi, harga bawang putih turun menjadi Rp45 ribu per kilogram, dari sebelumnya di atas Rp55 ribu. "Meski masih tinggi, harga berangsur terus turun."

Karena itu, ia menilai belum mendesak kebutuhan untuk melakukan operasi pasar (OP) bawang putih. "Tapi, kami masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat."

Sunardi juga berharap para distributor tidak melakukan penimbunan bawang putih. "Jika bawang putih terus mengalir lancar ke pasar, kami berharap harga bisa turun hingga Rp35 ribu per kilogram."

Kondisi yang sama juga terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. "Kami belum berencana melakukan operasi pasar. Konsentrasi kami saat ini ialah melakukan pengawasan terhadap pergerakan harga dan stok komoditas tersebut," ujar Kepala Bidang Perdagangan Nana Rukmana.

Saat ini, harga bawang putih masih mencapai Rp60 ribu per kilogram. Namun, kondisi itu belum menimbulkan gejolak di masyarakat. "Pemerintah kabupaten sudah melakukan pembahasan lintas sektoral. Kami terus mencari solusi sambil memantau kondisi lapangan," ujar Nana. (RF/BB/N-2)

Baca Juga

Ist

12 Peserta UMKM Lolos Tahapan Bootcamp Floratama Academy

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 05:58 WIB
Floratama Academy yang ke depannya diharapkan akan melahirkan lebih banyak lagi pengusaha-pengusaha lokal di kawasan Floratama (Flores,...
Dok. Hutama Karya

Kolaborasi Hutama Karya-BWA Renovasi Surau di Salah Satu Desa Terpencil di Sumbar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:28 WIB
Surau ini menjadi satu-satunya tempat sarana ibadah masyarakat dan tempat anak-anak untuk belajar mengaji dan menghafal...
DOK MI

Pemkab Cirebon Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:24 WIB
CAPAIAN vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat baru mencapai 34 persen. Untuk menurunkan level PPKM, percepatan vaksinasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya