Minggu 07 Februari 2016, 20:16 WIB

Gunung Soputan Berpotensi Meletus Lagi

LB Ciputri Hutabarat/MTVN | Nusantara
Gunung Soputan Berpotensi Meletus Lagi

ANTARA/Adwit B Pramono

 

GUNUNG Soputan di Sulawesi Utara erupsi empat kali hari ini. Letusan terjadi pada pukul 01.06; 02.04; 03.11; dan 03.20 Wita dengan tinggi 200-1.000 meter dari puncak kawah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengemukakan kondisi ini memungkinkan kembali adanya letusan di Gunung Soputan.

"Tremor letusan menerus dengan amplitudo maksimum 41 mm yang mengindikasikan bahwa dorongan magma dari perut gunung cukup besar. Potensi untuk meletus kembali masih tinggi," ujar Sutopo, Minggu (7/2).

Sutopo juga mengungkapkan letusan sudah terjadi dari sejak kemarin. Adapun leusan kemarin terjadi tiga kali sekitar pukul 13.00; 14.37; dan 20.08 Wita. Akibatnya, sejumlah daerah di Sulawesi terkena hujan Abu seperti Kecamata. Pasan, Kecamatan Tombatu, Kecamatan Tombatu Timur, Kecamatan Tombatu Utara, Kecamatan Tombatu, Kecamatan Belang, dan Kecamatan Ratatotok.

"Hujan abu yang cukup tebal ada di Pasan dan Tombatu Timur. BPBD Minahasa Tenggara telah mendirikan tiga posko di Tombatu Timur, Pasan, dan Belang," ujar Sutopo.

Hingga saat ini belum perlu ada pengungsian. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat di dalam radius 4 km, dan sektoral arah Barat-Barat Daya sejauh 6,5 km. Permukiman paling dekat berada pada radius 8 km.

"Status masih Siaga (level III). Potensi erupsi masih tetap tinggi. Namun tetap aman jika masyarakat mentaati rekomendasi dari pemerintah," tutup dia. (OL-1)

Baca Juga

dok.ist

Pujakesuma Nilai Ganjar Konsisten Rawat Seni Budaya Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:45 WIB
ORGANISASI Pujakesuma menilai Ganjar Pranowo selalu memperhatikan nasib para pelaku seni di wilayahnya dan selalu terbuka dalam diskusi...
dok.Ant

Harga Cabai Rawit Di Bangka Masih Bertengger Rp97 Ribu Perkilo

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:57 WIB
HARGA cabai rawit di pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih tergolong tinggi, meski  sudag turun tetap tinggi dibanding...
dok.ist

OMG Jatim Beberkan Alasan Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:53 WIB
RIBUAN anak muda  gabungan dari  Kabupaten/ Kota Mojokerto, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Lamongan sepakat ikut serta dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya