Jumat 05 Februari 2016, 14:25 WIB

Jalan Putus, Enam Desa di Ende Terisolasi

Palce Amalo | Nusantara
Jalan Putus, Enam Desa di Ende Terisolasi

Ilustrasi--MI/PALCE AMALO

 

ENAM desa di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, masih terisolasi akibat musibah banjir 30 Januari lalu.

Desa-desa tersebut terisolasi karena akses yang terhubung ke ibu kota kecamatan dan desa lainnya terputus, yakni Ngalukoja di Kecamatan Maurole, dan lima desa lainnya ada di Kecamatan Kota Baru yakni Nuanaga, Rangalaka, Tou Barat, Loboniki, dan Niopanda.

Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ende, Jumat (5/2), menyebutkan jalan yang menghubungkan Rangalaka-Tou Barat rusak sejauh tiga kilometer, sedangkan jalan Loboniki-Niopanda rusak sekitar 13 kilometer.

Begitu pulau di Desa Nuanaga, ruas jalan di sejumlah titik rusak tertimbun material batu, ranting pohon, dan lumpur. Di Desa Ngalukoja yang paling parah diterjang banjir, satu deker dilaporkan terputus.

"Saat ini petugas dan alat berat sudah diturunkan ke lokasi banjir untuk membersihkan agar dapat dilewati kendaraan," kata Kepala BPBD Ende Albert Yan.

Banjir yang menerjang desa-desa di dua kecamatan tersebut mengakibatkan lebih dari 1.000 orang mengungsi, ratusan rumah rusak dan porak-poranda serta banyak ternak mati dan hilang terbawa banjir. Namun warga telah kembali ke rumah mereka.

Adapun warga yang rumahnya rusak berat, masih mengungsi di rumah warga lainnya.

Di Manggarai Timur, petugas dari BPBD bersama warga dan aparat keamanan masih bekerja menyingkirkan material yang terbawa banjir di badan jalan, serta memperbaiki badan jalan yang rusak.

Ada lima desa di Kecamatan Lambaleda, Manggarai Timur yang sebelumnya terisolasi akibat banjir mulai dilewati kendaraan yakni Satar Padut, Satar Tewu, Goreng Mani, Tengku Lawar, dan Lamba Keli.

Banjir yang menerjang wilayah itu mengakibatkan 155 rumah rusak, 18 ternak mati dan hilang terbawa banjir, lebih dari 70 hektare lahan sawah dan agung terendam dan rusak. (OL-4)

Baca Juga

Antara

KM Sirimau Tidak Berlayar, 80 Ton Bawang Merah Terancam Busuk di Kupang

👤Palce Amalo 🕔Minggu 19 September 2021, 07:45 WIB
SEKITAR 60 hingga 80 ton bawang merah menumpuk di gudang petani di Pulau Semau, Kabupaten Kupang, NTT, setelah KM Sirimau dialihkan menjadi...
dok.Pendam Cendrawasih/XVII

Satgas TNI Salurkan Bantuan Perlengkapan Sekolah di Perbatasan

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 19 September 2021, 06:35 WIB
PRAJURIT Satgas Yonif 611/Awang Long memberikan bantuan perlengkapan sekolah kepada warga perbatasan RI-Papua New Guenia di Kampung Yakyu,...
Dok MI

Pemkab Karawang Masih Hadapi Persoalan Warga BAB Sembarangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 23:11 WIB
Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menghadapi persoalan masih adanya perilaku warga tidak sehat, terutama masalah buang air besar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya