Rabu 15 April 2015, 00:00 WIB

Pertanian Tembakau bukan Prioritas

MI | Nusantara
Pertanian Tembakau bukan Prioritas

Sumber: BKPM/Kementerian Pertanian /Pemprov Sulawesi Selatan/Grt/Grafis: EBET

 
PERLAHAN tapi pasti nasib tembakau yang ditanam petani di pedalaman Kabupaten Soppeng, Sinjai, Gowa, dan Bone terus tergerus oleh zaman. Alasannya, selama ini mereka hanya mengandalkan pasar lokal.

Para petani tembakau yang hanya mengandalkan industri rumahan tersebut, dengan racikan tradisionalnya, tergerus oleh industri rokok keretek. Pelanggan mereka yang masih mau membeli tembakau gulungan dengan kertas tipisnya hanya kalangan terbatas. Rata-rata usia konsumennya relatif tua. Tembakau atau rokok tersebut pun sering disebut 'gulser' alias gulung sendiri.

Salah satu penyebab produksi tembakau menurun ialah pemerintah juga tidak memberi solusi agar industri tersebut bisa bertahan di tengah serangan pasar modern. Tidak ada pembinaan, apalagi suntikan dana dan bantuan sejenis yang dibutuhkan.

Berbeda dengan di daerah lain di Indonesia, kondisi menurunnya produktivitas tembakau di Sulsel tidak jadi prioritas dan perhatian pemerintah.

Komisi B DPRD Sulsel yang membidangi pertanian, misalnya, melalui salah satu anggotanya, M Rajab, mengaku tidak mendapat laporan soal progres yang lebih baik untuk industri tanam tembakau. "Baik dari petani maupun dinas terkait sendiri tidak pernah ada laporan tentang tembakau," ujarnya.

Rajab berdalih saat ini pemerintah lebih menekankan sektor pembenahan irigasi dan target pencapaian swasembada pangan. Industri pertanian lainnya tidak menjadi prioritas.

Politikus NasDem itu menambahkan produksi rokok sebenarnya mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) cukup besar di Sulsel, terkhusus dari cukainya. "Cukai rokok itu menjadi sektor pendapatan kelima terbesar di Sulsel. Namun, saya tidak bisa memastikan apakah sumbangan PAD sejalan dengan kondisi petani tembakau yang tersisa," ungkapnya. (LN/N-4)

Baca Juga

MI/Alexander P Taum

Ini Penyebab Maraknya Kasus Pertanahan di Lembata

👤Alexander P. Taum 🕔Jumat 03 Desember 2021, 13:40 WIB
SENGKETA, konflik dan kasus pertanahan di Lembata, Nusa Tenggara Timur, dipicu dari kesalahan dan ketidak disiplinan BPN terhadap...
MI/Dwi Apriani

Pemkab Muratara Giatkan Vaksinasi di Pemukiman Suku Anak Dalam

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 03 Desember 2021, 12:35 WIB
PEMKAB Musi Rawas Utara bersama Badan Intelijen Nasional Daerah (BIN) Daerah Sumsel melakukan vaksinasi khusus kepada masyarakat di wilayah...
MI/Lilik Darmawan

Tempat Wisata Kebumen Tutup 10 hari Mulai 24 Desember 2021

👤Lilik Darmawan 🕔Jumat 03 Desember 2021, 12:25 WIB
LOKASI Wisata di Kebumen ditutup mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya