Selasa 28 Mei 2019, 17:00 WIB

Sleman Harap Kunjungan 400 Ribu Wisatawan Saat Lebaran

Agus Utantoro | Nusantara
Sleman Harap Kunjungan 400 Ribu Wisatawan Saat Lebaran

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Candi Ijo, Sleman.

 

DINAS Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berharap kedatangan 400 ribu wisatawan akan berkunjung ke berbagai objek wisata di Sleman pada musim libur lebaran 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sri Sudarningsih mengatakan jumlah kunjungan yang diharapkan itu belum termasuk wisatawan belanja dan penikmat kuliner di Sleman.

“Sebanyak 400.000 wisatawan lebaran ini tidak termasuk yang belanja atau menikmati kuliner di Sleman,” katanya di Sleman, Selasa (28/5).

Dikatakan, wisatawan yang berkunjung ke Sleman selama periode 30 Mei–9 Juni ini diprediksi akan membanjiri Taman Tebing Breksi (Kecamatan Prambanan), Blue Lagoon (Kecamatan Ngemplak), kawasan wisata lereng Merapi baik di Kaliurang maupun lava tour di Cangkringan dan Taman Nasional Gunung Merapi.

“Prediksi kami, Taman Tebing Breksi paling banyak menyedot wisatawan,” imbuhnya.

Baca juga: Sumut Kantongi Pasar Wisatawan

Selain destinasi wisata alam, ujarnya, destinasi wisata candi, museum dan desa wisata juga akan mengalami kenaikan. Sudarningsih memperkirakan wisatawan selain ke Candi Prambanan akan mengunjungi Candi Banyunibo, Candi Ratu Boko, Candi Ijo dan Candi Sambisari.

“Kalau desa wisata, ada 42 desa wisata yang siap menerima kunjungan,” ungkapnya.

Menyambut kedatangan wisatawan dipersiapkan sejumlah atraksi wisata yang disebar di sejumlah destinasi. Di Kaliurang akan digelar Festival of Light (29 Mei – 14 Juli), Pokemon Vaganza di Sindu Edupark (1-16 Juni), Berdendang Breksi (6-11 Juni) di Taman Tebing Breksi.

Sementara Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menargetkan akan dikunjungi 175.540 wisatawan selama libur lebaran. Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Hery Sukmono mengatakan 80% wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul ini akan memilih objek wisata pantai.

“Gunungkidul ini kondang dengan keindahan pantai-pantainya. Objek wisata lain yang akan banyak dikunjungi adalah Goa Pindul,” tukasnya.(OL-5)

 

Baca Juga

MI/HO

Ulama di Cirebon Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 03:02 WIB
ribuan orang yang hadir juga memanjatkan doa dipimpin oleh Kyai Abdul Munif untuk Ganjar Pranowo serta harapannya bagi Indonesia yang...
DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya